WMC300E+, Motor Listrik Roda Tiga untuk Paramedis yang Bisa Tempuh 161 Km dalam 15 Menit Pengisian Daya

JAKARTA – White Motorcycle Concepts asal Inggris baru-baru ini merilis konsep motor listrik tiga roda baru yang dirancang khusus untuk paramedis dan petugas tanggap darurat. WMC300E+ namanya, menawarkan kecepatan pengisian daya yang luar biasa, yakni hanya 15 menit.

Melansir Visordown, 7 September, dengan desain aerodinamis yang efisien, WMC300E+ dapat menempuh jarak hingga 100 mil (sekitar 161 km) dengan satu kali pengisian penuh. Kemampuan pengisian cepat ini dimungkinkan berkat teknologi baterai inovatif yang dikembangkan oleh MAHLE Powertrain. Hal ini sangat penting untuk para petugas tanggap darurat yang membutuhkan waktu respons yang cepat dalam situasi kritis.

"Industri ini menghadapi tantangan besar untuk memproduksi motor listrik dengan performa yang setara dengan motor berbahan bakar bensin. Motor listrik saat ini lebih fokus pada kebutuhan ritel, sedangkan pelanggan armada, terutama petugas tanggap darurat, membutuhkan tingkat ketersediaan yang tinggi yang sulit dipenuhi oleh solusi yang ada saat ini karena waktu pengisiannya,” ungkap Pendiri & CEO White Motorcycle Concepts Robert White.

"Untuk memenuhi permintaan tersebut, sambil mematuhi peraturan yang akan datang dan membantu mencapai ambisi net-zero semua armada, diperlukan pemikiran rekayasa clean-sheet dan kombinasi beberapa teknologi inovatif," tambah White.

WMC300E+ menggunakan serat karbon daur ulang untuk beberapa komponennya, sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan.

Salah satu keunggulan WMC300E+ adalah kemudahan penggunaannya. Paramedis, petugas polisi, dan petugas tanggap darurat dapat mengendarainya dengan SIM mobil biasa, sehingga tidak memerlukan pelatihan khusus. Hal ini juga membuatnya lebih mudah diakses oleh pekerja pengiriman.

White Motorcycle Concepts memperkenalkan motor listrik trike ini di Cenex Expo 2024, yang berlangsung pada tanggal 4-5 September di UTAC Millbrook.

Selain kecepatan pengisian yang cepat, WMC300E+ juga menawarkan performa aerodinamis yang luar biasa berkat V-Duct yang melewati pusat motor. V-Duct ini mengurangi hambatan aerodinamis, meningkatkan performa, stabilitas, dan mengurangi konsumsi energi.