Hyundai Palisade Hybrid Bakal Pakai Sistem V2L, Meluncur Akhir Tahun?

JAKARTA - Peluncuran Hyundai Palisade terbaru semakin dekat. Beberapa kali mobil SUV ini tertangkap kamera mata-mata sedang diuji jalan yang menunjukkan perubahan desain signifikan.

Disebutkan mobil ini akan mengusung bahasa desain yang lebih mengotak seperti halnya yang diimplementasikan pada Santa Fe generasi terbaru. Tidak hanya itu, pabrikan dari Korea Selatan ini juga bakal dibekali sistem hybrid dengan fitur Vehicle to Load (V2L) canggih.

Melansir The Korean Car Blog, Rabu, 4 September, sistem V2L yang umumnya dihadirkan pada kendaraan listrik (EV) murni akan hadir di semua lini model hybrid Hyundai pada masa mendatang, termasuk Palisade.

Sistem canggih ini akan debut dalam Palisade Hybrid yang diperkirakan bakal diluncurkan pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Fitur V2L adalah teknologi mutakhir yang memungkinkan kendaraan mengoperasikan perangkat elektronik eksternal, sehingga memungkinkannya mengubah mobil menjadi sumber listrik bergerak.

Dengan demikian, peralatan elektronik dapat aktif ketika tersambung ke sistem V2L dalam kendaraan mulai dari perangkat elektronik berdaya kecil hingg besar, menjadikannya lebih praktis dan serbaguna untuk digunakan di manapun.

Ini menjadi nilai tambah bagi pengguna kendaraan yang gemar melakukan aktifitas di luar ruangan sehingga memberikan kenyamanan tak tertandingi. Teknologi ini menjadikan Palisade hybrid menjadi kendaraan petualang yang praktis.

Mobil ini dikabarkan tidak hanya berubah dalam eksterior, melainkan juga dimensi lebih besar yang membuat ruang lebih lega pada baris kedua dan ketiga penumpang sekaligus menguatkan posisinya di atas Santa Fe.

Mobil satu ini juga akan mendapatkan banyak perubahan termasuk di balik kapnya. Palisade generasi berikutnya dikabarkan akan dilengkapi dengan sistem sistem hybrid 2,5 liter generasi berikutnya.

Sistem ini dikembangkan khusus untuk kendaraan menengah dan besar, menggantikan mesin diesel yang ada untuk mematuhi peraturan emisi yang lebih ketat. Tentunya menjadi hal menarik yang ditunggu.

Hyundai juga sediakan opsi bensin murni dengan mesin 3,5 liter V6 turbocharger dengan dimensi lebih kecil dari sebelumnya, namun lebih bertenaga.