Transaksi Emas Digital Terus Tumbuh, Tapi Belum Populer

YOGYAKARTA - Investasi emas di Indonesia tercatat naik. Hal itu terbukti dari meningkatkan transaksi emas digital di Indonesia. Data tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan. Ia mengatakan transaksi pembelian emas digital di PT Pegadaian tumbuh sampai 14 juta transaksi.

"Transaksi (pembelian emas) digital kami naik hingga 14 juta transaksi," kata Damar Latri Setiawan, dikutip Kamis, 5 September.

Transaksi Emas Digital Mengalami Kenaikan

Seperti diketahui, PT Pegadaian memiliki program yang bernama Tabungan Emas Digital. Program tersebut ternyata berhasil menggaet antusias masyarakat karena memberikan manfaat tertentu. Masyarakat juga masih menganggap bahwa emas jadi instrumen investasi paling aman di tengah kondisi global yang terus berubah.

"Jadi begitu dia nabung emas, dia merasakan setiap tahun emas itu naik," jelasnya lagi.

Pegadaian juga mencatat bahwa sektor bisnis gadai memberikan kontribusi yang besar. Bahkan presentasenya mencapai 83 persen.

"Kontribusi terbesar dari segmen pembiayaan gadai. Saat ini, porsinya lebih banyak gadainya 83 persen," ujarnya lagi.

Transaksi Emas Digital Belum Diminati Anak Muda

Di sisi lain, transaksi emas digital disebut belum banyak dilirik oleh anak muda. Data ini disampaikan oleh Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) di kesempatan yang berbeda.

Head of Business Unit Emas Digital ICDX Revandra Aritama menilai, tren yang masih diminati anak muda masih pada instrumen investasi dengan imbalan tinggi seperti mata uang kripto. Sedangkan emas dapat mendatangkan keuntungan dengan tingkat pertumbuhan moderat. Selain itu harga emas mengalami peningkatan namun masih kalah dengan instrumen investasi lain seperti saham.

"Kasarnya, kalau investasi emas itu kasarnya tidak bisa bikin kaya, tapi itu menjaga nilai asetnya," jelas  Revandra dalam ICDX Journalist Class, Rabu, 4 September.

Kondisi itu membuat pekermbangan transaksi emas digital masih konservatif. Namun belakangan terjadi peningkatan harga emas secara signifikan. Pertumbuhan tersebut bahkan tidak dimiliki oleh instrumen aset lain baik pada saham maupun kripto yang justru berada di dalam penurunan tren.

Keuntungan Investasi Emas Digital

Ada beberapa kelebihan investasi emas digital yang secara umum dapat dirasakan secara langsung oleh investor yakni sebagai berikut.

  1. Likuiditas Tinggi

Emas digital mudah diperjualbelikan secara online. Kondisi tersebut memungkinkan investor untuk menjual emas digital yang dimilikinya dengan cepat tanpa proses yang rumit.

  1. Biaya Administrasi Rendah

Biaya administrasi instrumen investasi emas digital mampu bersaing dengan instrumen inevestasi digital lain, bahkan nominalnya lebih rendah.

  1. Transparansi Harga

Harga emas digital selalu mengikuti harga pasar global secara real-time, sehingga investor dapat dengan mudah memantau pergerakan harga dan membuat keputusan investasi yang tepat.

  1. Potensi Pertumbuhan Nilai

Kenaikan nilai emas digital dipastikan terjadi meski dalam jangka panjang. Dengan begitu emas menawarkan pertumbuhan aset kekayaan di masa depan. Kelebihan ini sangat unggul terutama di saat kondisi global tidak menentu.

  1. Kemudahan Akses Investasi

Investor dapat mengakses platform investasi emas online setiap hari tanpa dibatasi apapun. Dengan begitu pengelolaan investasi bisa dilakukan tanpa harus bergantung kepada pihak lain.

Itulah informasi terkait transaksi emas digital. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.