PM Thailand Paetongtarn Shinawatra Susun Kabinet, Bakal Meminta Persetujuan Kerajaan

JAKARTA - Perdana Menteri Thailand Paetongtarn Shinawatra merampungkan kabinet pilihannya. Susunan kabinet bakal diserahkan ke Kerajaan untuk mendapat persetujuan.

Pejabat senior dalam pemerintahan sementara, sebelumnya mengatakan pemerintahan baru harus sudah terbentuk pada pertengahan September.

Kabinet baru diperkirakan akan mempertahankan menteri keuangan dan luar negeri saat ini tetapi kemungkinan akan memiliki 11 menteri dan wakil menteri baru, menurut laporan media lokal yang mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Sorawong Thienthong, Sekretaris Jenderal Partai Pheu Thai yang berkuasa di Paetongtarn, mengatakan kepada Reuters pemerintahan baru tersebut harus memperoleh lebih banyak kursi parlemen daripada pendahulunya.

Dia menolak berkomentar mengenai daftar anggota kabinet baru tersebut.

Setelah Srettha Thavisin dicopot dari jabatannya sebagai perdana menteri melalui perintah pengadilan, partai populis Pheu Thai dengan cepat menggalang dukungan di belakang pemimpinnya yang tidak berpengalaman, Paetongtarn (38) dengan parlemen memilihnya sebagai perdana menteri beberapa hari kemudian.

Paetongtarn adalah perdana menteri termuda Thailand dan wanita kedua serta anggota keempat dari keluarga miliardernya yang memegang jabatan tersebut.

Paetongtarn adalah putri dari mantan perdana menteri yang berpengaruh dan suka memecah belah Thaksin Shinawatra, yang masih dipandang sebagai kekuatan utama di balik partai tersebut.

Pemerintah baru menyingkirkan partai Palang Pracharat yang berpihak pada militer dan memasukkan Partai Demokrat ke dalam koalisi.