Porsche 911 Turbo Edisi 50 Tahun Meluncur, Terbatas Hanya 1.974 Unit

JAKARTA - Memperingati lima dekade model legendaris 911 Turbo, Porsche memperkenalkan edisi khusus bertajuk "911 Turbo 50 Years" di Amerika Serikat yang akan menjadi model tahun 2025.

Edisi spesial dan terbatas ini dirancang dengan performa luar biasa dan material mewah, serta menggabungkan elemen desain eksklusif yang terinspirasi dari model klasik 911 Turbo.

Melansir dari rilis pabrikan, Senin, 26 Agustus, edisi terbatas ini hanya diproduksi sebanyak 1.974 unit di seluruh dunia, sebagai penghormatan kepada tahun pertama kali 911 Turbo diperkenalkan pada tahun 1974. 

Mobil ini menonjolkan warna eksklusif "Turbonite" yang menghiasi beberapa bagian penting seperti penutup dek belakang, tutup bahan bakar, dan emblem Porsche. Sayap belakang, gril intake udara, dan beberapa elemen lainnya juga dihiasi dengan warna "Anthracite Grey", menciptakan tampilan yang elegan dan berkelas.

Tidak hanya tampilan eksterior, interior 911 Turbo 50 Years juga mengusung tema retro dengan jok dan panel pintu yang dilapisi tartan "MacKenzie", mengingatkan pada model Turbo klasik. Selain itu, elemen kontras dalam warna Turbonite memperkaya tampilan interior, dengan detail seperti sabuk pengaman, jahitan, dan trim kulit hitam yang semakin menegaskan eksklusivitas model ini. Plakat peringatan di atas kompartemen sarung tangan menampilkan nomor produksi unik dari setiap unit, menjadikannya benar-benar istimewa.

Bagi mereka yang menginginkan nuansa lebih klasik, Porsche menawarkan "Heritage Design Package" yang mencakup berbagai fitur eksklusif tambahan yang terinspirasi dari model 911 Turbo tahun 1970-an. Paket ini menampilkan warna dasar "Aventurine Green Metallic" dengan decal putih matte, serta emblem Porsche klasik dari tahun 1964.

Secara teknologi, 911 Turbo 50 Years dibekali mesin boxer 3,7 liter dengan twin-turbocharging VTG yang mampu menghasilkan tenaga 640 hp dan torsi 800 Nm. Mobil ini mampu melesat dari 0 hingga 60 mph (96 km)  dalam waktu hanya 2,6 detik, menjadikannya salah satu mobil sport tercepat di dunia. Sejumlah fitur standar tambahan seperti sistem knalpot sport, suspensi Porsche Active Suspension Management (PASM), dan lampu depan LED Matrix semakin menyempurnakan performanya.

Untuk melengkapi mobil eksklusif ini, Porsche Design juga meluncurkan jam tangan khusus "Chronograph 911 Turbo 50 Years", yang hanya tersedia untuk pemilik edisi khusus ini. Jam tangan ini dibuat dengan detail yang mencerminkan desain mobil, dan setiap unit jam tangan diproduksi sebanyak 1.974 unit, sama seperti jumlah mobilnya.

Porsche 911 Turbo 50 Years dilego dengan harga 261.100 dolar AS (setara Rp4 miliaran) belum termasuk biaya pengiriman dan penanganan. Mobil ini diharapkan akan hadir di dealer Porsche di Amerika Serikat pada akhir tahun 2024.