Polri Kerahkan 4.523 Personel, Kawal 2 Kegiatan Internasional di Bali

JAKARTA - Polri mengerahkan 4.523 personel dalam skema pengamanan kegiatan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum On Multi Stakeholders Partnership (HLF-MSP) 2024 yang akan digelar di Bali.

Ribuan personel itu tergabung dalam operasi pengamanan dengan sandi 'Puri Agung II 2024'.

"Polri dalam pengamanan event ini mengerahkan total 4.523 personel," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Shandi Nugroho dalam keterangannya, Selasa, 20 Agustus.

Dirincikan, 1.459 personel di antaranya berasal dari Mabes Polri. Kemudian, Polda Bali turut mengerahkan 2.464 personel, Polda Jawa Timur (Jatim) 300 personel, dan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) 300 personel.

Operasi Puri Agung II 2024 akan digelar sejak 31 Agustus hingga 4 September.

Nantinya, Polri akan bersinergi dengan berbagai instansi seperti TNI, Paspampres, hingga BNPT dalam pengamanan dua kegiatan berskala internasional tersebut.

"Pelibatan satuan wilayah (satwil) Polda Jatim dan Polda NTB dalam pengamanan dikarenakan Jatim dan NTB merupakan daerah penyangga dari Bali sebagai daerah yang menjadi venue utama," sebutnya.

Polri memastikan kedua kegiatan itu bakal berjalan aman, lancar dan situasi kondusif. Selain itu, Korps Bhayangkara juga bertanggungjawab terhadap pemeliharaan kamtibmas Bali agar kondusif.

Sebagai informasi, IAF II 2024 dan HLF-MSP akan digelar pada 1-3 September mendatang. Rencananya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan hadir untuk membuka dua kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan itu, target kehadiran 51 Kepala Negara dan 1.500 organisasi internasional hingga sektor bisnis.