Kominfo dan Google Luncurkan Google Cloud Career Launchpad untuk Sertifikasi Keterampilan Mahasiswa

JAKARTA - Bekerja sama dengan Google Cloud, Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan Google Cloud Career (GCC) Launchpad, guna memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan pelatihan dan sertifikasi keterampilan berbasis cloud.

Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria mengatakan bahwa dengan GCC Launchpad ini, mahasiswa dari 21 perguruan tinggi di Indonesia dapat menjadi tenaga tingkat pemula yang ahli dalam keterampilan dalam AI generatif, analisis data, keamanan siber, dan teknik cloud.

Peluncuran GCC Launchpad ini dilakukan karena menurutnya, keberadaan talenta digital terutama tenaga kerja cloud yang terampil sangat diperlukan untuk mempercepat transformasi digital nasional, khususnya di Indonesia.

“Sebuah inisiatif yang memungkinkan mahasiswa di institusi pendidikan tinggi memperoleh kredensial keterampilan Google Cloud yang diakui secara nasional tanpa biaya, membuka pintu bagi pekerjaan di bidang AI, analisis data, keamanan siber, dan cloud engineering,” kata Nezar, dikutip Jumat, 16 Agustus.

Mezar juga menambahkan bahwa sertifikasi keterampilan ini sejalan dengan Visi Indonesia Digital (VID) 2024 yang menjadi strategi untuk memperkuat ekosistem digital nasional.

Sebagai permulaan, inisiatif ini bertujuan untuk memberikan manfaat kepada 8.500 mahasiswa selama 12 bulan ke depan.

Namun, Nezar menambahkan, Kominfo memiliki rencana perluasan program, untuk menjangkau lebih banyak mahasiswa baik di wilayah metropolitan maupun non-metropolitan di masa-masa mendatang.

“Pembelajaran cloud ini akan membekali mahasiswa yang baru memasuki industri dengan keterampilan cloud praktis dan sesuai kebutuhan industri dan pasar kerja berbasis teknologi saat ini,” tutup Nezar.