Google Resmi Luncurkan Kemampuan Gemini Live

JAKARTA – Gemini, Model Bahasa Besar (LLM) buatan Google, akhirnya mendapatkan kemampuan baru. Di acara Made by Google yang digelar pada Selasa, 13 Agustus lalu, Google resmi meluncurkan Gemini Live.

Gemini Live merupakan kemampuan percakapan seluler yang dihadirkan untuk melakukan percakapan secara bebas. Dengan kemampuan baru ini, Gemini bisa diajak bertukar pikiran mengenai pekerjaan, minat, atau topik apa pun yang diinginkan pengguna.

"Anda bahkan dapat menyela di tengah respons untuk membahas lebih dalam tentang poin tertentu, atau menjeda percakapan dan kembali lagi nanti. Ini seperti memiliki teman dekat di saku Anda yang dapat Anda ajak mengobrol tentang ide-ide baru," jelas Google.

Selain merespons percakapan dengan gaya yang lebih alami, Gemini Live juga bisa digunakan tanpa menyentuh ponsel. Sebelum kemampuan baru ini muncul, layar aplikasi Gemini harus selalu terbuka. Kini, ponsel bisa digunakan dalam keadaan terkunci.

Gemini Live akan beroperasi selama aplikasinya berjalan di latar belakang. Untuk saat ini, Gemini Live baru tersedia dalam bahasa Inggris untuk para pelanggan Gemini Advanced. Kemampuan baru ini juga baru tersedia di perangkat Android.

Dalam beberapa minggu mendatang, Gemini Live akan diluncurkan untuk para pelanggan Gemini Advanced di iOS. Di masa depan, Google akan menambahkan lebih banyak bahasa dan pilihan suara untuk Gemini Live.

"Agar berbicara dengan Gemini terasa lebih alami, kami memperkenalkan sepuluh suara baru untuk dipilih, sehingga Anda dapat memilih nada dan gaya yang paling cocok untuk Anda," kata Google.