Xpeng G6 Tak Lama Lagi Meluncur di Malaysia, Hadir dengan Dua Varian

JAKARTA - Produsen mobil asal China yaitu Xpeng terus melebarkan sayapnya ke berbagai negara, termasuk meluncurkan model G6 di pasar Malaysia yang diperkirakan akhir Agustus ini.

Mengutip dari laman Paultan, Selasa, 13 Agustus, sebelum resmi meluncur, salah satu jaringan dealernya memberikan perkiraan harga untuk model tersebut dan nantinya hadir dalam dua varian.

Dalam unggahan di laman media sosial Facebook Malaysian Electric Vehicle Owners Club, pengguna bernama Xen Xen mengunggah perkiraan harganya. Melalui pesan yang dikirim, tertulis untuk varian standar dibanderol 175.000 ringgit atau kisaran Rp623 jutaan, dan varian tertinggi ada di angka 195.000 ringgit (Rp694 jutaan).

Secara spesifikasi, untuk keduanya ditenagai satu motor belakang dan untuk varian Standar menghasilkan tenaga 258 PS dan torsi 440 Nm pada 435 Standard, yang mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,6 detik. Sementara itu, untuk varian lebih tinggi menghasilkan tenaga hingga 286 PS dan dapat melesat hanya 5,9 detik saja.

Sementara itu untuk varian terendah dilengkapi dengan baterai lithium iron phosphate (LFP) 66 kWh untuk jangkauan WLTP 435 km, sedangkan tertinggi menggunakan baterai nikel mangan kobalt (NMC) 87,5 kWh. memungkinkannya menempuh jarak hingga 570 km dengan sekali pengisian daya.

Waktu pengisian daya juga berbeda antara kedua model. Standar mampu menerima pengisian cepat DC hingga 215 kW, sedangkan Jarak Jauh dapat mendukung 280 kW; keduanya akan mengisi ulang baterainya dari 10 hingga 80% dalam 20 menit. Pengisi daya onboard AC 11 kW merupakan perlengkapan standar, mengisi daya paket mobil dari 5 hingga 100% masing-masing dalam 7,5 dan 9,5 jam.

Mobil satu ini juga sudah dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi canggih yaitu Xpilot 2.5, serta disematkan juga chip Nvidia Orin-X yang dihubungkan ke sensor radar gelombang lima milimeter, 12 sensor ultrasonik, dan 12 kamera untuk mengaktifkan fungsi seperti kontrol jelajah adaptif, bantuan pemusatan jalur, bantuan parkir, kamera 360 derajat, pemantauan titik buta, pengereman darurat otonom, dan banyak lagi.

Produsen ini juga sebelumnya sudah membuka pemesanan model G6 untuk pasar Thailand, dan juga akan segera memasuki pasar Australia.