Mendagri: Ada Kepala Daerah Tidak Hadir ke IKN karena Tak Dapat Tiket Pesawat

JAKARTA - Seluruh kepada daerah di Tanah Air menghadiri agenda pengarahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada hari ini. Namun, ada sejumlah kepala daerah yang berhalangan hadir karena tidak mendapat tiket pesawat ke Balikpapan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Tito mengatakan, total ada sekitar 517 kepala daerah yang hadir secara langsung, terdiri atas gubernur, wali kota dan bupati, baik yang penjabat maupun definitif. Sementara, ada 35 kepala daerah berhalangan hadir.

Tito menjelaskan beragam alasan yang membuat para kepala daerah tersebut berhalangan hadir ke IKN, antara lain ada yang sakit seperti Gubernur Kalimantan Selatan dan ada juga yang ibundanya sakit seperti Gubernur Sumatra Barat.

Beberapa di antaranya juga ada yang tengah mengikuti sidang paripurna DPRD, bahkan ada yang tidak bisa berangkat karena tidak mendapat tiket pesawat.

"Tapi, ada juga yang kebetulan tidak mendapatkan transportasi karena rebutan pesawat untuk ke Balikpapan Pak (Jokowi)," ujar Tito dalam sambutannya dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 13 Agustus.

Tito juga melaporkan, semua kepala daerah sudah tiba di IKN sejak hari kemarin. Untuk para gubernur semua menginap di Hotel Nusantara IKN, sedangkan para bupati dan wali kota menginap di Balikpapan lalu berangkat ke IKN pagi tadi pukul 06.00 WITA.

"Tiba pagi ini di sini (IKN) dan langsung ke Sumbu Kebangsaan. Tadi kami sampai bercanda dan kami sampaikan kepada bupati/wali kota jangan iri dengan pak gubernur, yang nginap di Hotel Nusantara karena silakan ikut Pilkada dulu baru naik gubernur. Begitu pak," canda Tito.

Menurut Tito, para pemimpin daerah itu merupakan bagian dari pelaku sejarah. Mengingat, katanya, dalam 50 tahun ke depan bisa jadi Sumbu Kebangsaan dan IKN itu sendiri yang dikunjunginya pagi tadi bersama para kepala daerah bentuknya akan berbeda.

"Atas nama rekan-rekan kepala daerah, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Presiden (Jokowi) yang telah memberikan kesempatan untuk hadir langsung di sini, di tempat yang sangat megah langsung dirasakan," imbuhnya.