Mandiri-Pelindo Jalin Kerja Sama Perkuat Layanan Keuangan

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) untuk penyediaan layanan keuangan bagi para pengguna jasa, maupun juga karyawan Pelindo.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan, kerja sama ini merupakan keberlanjutan dari kemitraan yang sudah terjalin lebih dari dua dekade antara Bank Mandiri dengan Pelindo.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan dukungan finansial dan layanan perbankan terbaik, serta memfasilitasi pertumbuhan dan kesuksesan Pelindo,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 9 Agustus.

Darmawan mengatakan bawah dalam kerja sama ini, Bank Mandiri akan menyediakan layanan keuangan berbasis digital, seperti Kopra by Mandiri dan Host to Host Auto Collection. Dimana layanan ini bertujuan untuk mempermudah transaksi Pelindo dan para pengguna jasanya.

Sedangkan untuk individu pegawai Pelindo dan para pengguna jasa, sambung Darmawan, Bank Mandiri menyediakan Livin’ by Mandiri yang menawarkan berbagai kemudahan dan solusi dalam berbagai transaksi perbankan.

Darmawan mengatakan Bank Mandiri saat ini memiliki jaringan luas dengan 2.190 cabang di seluruh Indonesia, dan telah mampu memberikan layanan perbankan kepada lebih dari 4.000 pengguna jasa pelabuhan Pelindo.

Dimana salah satu inovasi unggulannya adalah Port Community Card, kartu debit yang digunakan untuk pembayaran jasa pelabuhan. Hingga Juni 2024, sudah lebih dari 590 kartu diterbitkan untuk mendukung transaksi perbankan dalam ekosistem Pelindo.

Selain itu, sambung dia, kerja sama ini juga melalui Kartu Mandiri e-Money co-Branding, yang berfungsi sebagai Kartu Single Truck Identification Data (STID) untuk identifikasi kendaraan logistik di pelabuhan milik Pelindo.

“Penyediaan kartu Mandiri e-Money co-Branding STID diharapkan semakin mempermudah akses untuk operasi logistik, dengan 25.000 kartu yang telah diterbitkan hingga saat ini,” kata Darmawan.

Darmawan berharap kerja sama ini juga bisa menciptakan nilai tambah bagi kedua perusahaan, serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan pengembangan infrastruktur di Indonesia.

“Melalui inisiatif-inisiatif strategis yang inovatif dan berkelanjutan, Bank Mandiri dan Pelindo siap menghadapi tantangan masa depan dan terus berkontribusi pada kemajuan ekonomi serta pengembangan infrastruktur di tanah air,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan dengan kerja sama ini diharapkan integrasi pelabuhan dan kawasan industri dapat terkoneksi dengan maksimal.

“Karena kami meyakini, industri ini yang akan menciptakan kemakmuran secara riil. Industrialisasi yang berbasis local resources dan mampu mempercepat pertumbuhan di seluruh sektor,” ucapnya.