Matthew Baker Sempat Dipanggil Australia U-17, Nova Arianto Akui Terkejut

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, mengungkapkan reaksinya ketika pertama kali mengetahui salah satu pemain yang masuk skemanya, Matthew Baker, sempat dipanggil Timnas Australia U-17.

Sebelumnya, pencinta sepak bola Tanah Air dikejutkan dengan pengumuman yang dibuat Federasi Sepak Bola Australia. Mereka memasukkan nama Matthew Baker dalam daftar pemain yang dipanggil pelatih Timnas Australia U-17, Brad Maloney.

Dalam pemanggilan itu, Matthew Baker masuk daftar 23 pemain Australia U-17 yang akan menjalani laga PasificAus Sports Football Tour melawan Kepulauan Solomon U-19 dan Vanuatu U-19 pada pertengahan Juli 2024.

Padahal, pemain berusia 15 tahun ini juga sempat ambil bagian di Timnas Indonesia U-16 ketika tampil pada Piala AFF U-16 2024 dan meraih peringkat ketiga. Di sisi lain, Matthew juga masuk proyeksi Nova Arianto dalam pemusatan latihan jelang laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober 2024.

Sontak, kabar tersebut juga menimbulkan tanya soal bagaimana reaksi Nova arianto selaku pelatih kepala Indonesia U-17. Dia mengaku dirinya sempat terkejut.

"Ya, pastinya saya kaget karena di awal saya menyiapkan (Matthew) Baker menjadi pemain kunci saya untuk tampil di Kualifikasi (Piala Asia U-17 2025)."

"Tiba-tiba ada pemberitahuan yang menyebut Baker dipanggil Australia U-17," ungkap Nova Arianto di Lapangan Senayan, Jakarta, pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Meski sempat menggemparkan pencinta sepak bola Indonesia, tiga hari berselang Brad kembali merilis dafar pemainnya yang mana nama Matthew Baker menghilang.

Pemain yang memiliki darah Indonesia-Australia itu kemudian digantikan oleh pemain North Coast Football, Logan Sambrook.

Menyadari kabar itu, Nova bersyukur. Dengan begitu berarti Matthew lebih memilih merapat ke Timnas Indonesia U-17 untuk persiapan jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Pada kesempatan yang sama, Nova juga disinggung soal pemanggilan Matthew oleh Australia U-17. Hal itu menjadi bukti bahwa Matthew punya kualitas yang diperhitungkan.

Namun, seakan enggan jemawa, Nova berkelakar untuk menanyakan itu langsung kepada Brad.

"Mungkin saja (karena kualitasnya). Coba tanya saja ke pelatih Australia U-17," ucapnya sambil tertawa.

Pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Indonesia tergabung di Grup G bersama Kuwait selaku tuan rumah, Australia, dan Kepulauan Mariana Utara. Laga tersebut akan dimainkan pada 23-27 Oktober 2024.

Babak kualifikasi ini diikuti 43 peserta yang dibagi ke dalam 10 grup. Nantinya, juara tiap grup dan lima runner-up terbaik akan melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2025 bersama tuan rumah Arab Saudi pada 3-20 April 2025.