Stasiun Whoosh Karawang Beroperasi di Awal 2025, KCIC: Sedang Disiapkan Akses Naik Turun Penumpang

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengungkapkan bahwa Stasiun Whoosh Karawang akan segera beroperasi pada awal 2025 mendatang. Pengoperasian stasiun tersebut sebagai bagian dari strategi peningkatan jumlah penumpang.

Sekadar informasi, Kereta Cepat Whoosh sendiri memiliki empat stasiun yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar. Saat ini, hanya Stasiun Karawang belum beroperasi melayani penumpang.

“KCIC akan mengoperasikan Stasiun Karawang di awal tahun 2025 untuk layanan naik turun penumpang. Saat ini Stasiun Karawang baru dioperasikan untuk melayani pengaturan perjalanan kereta,” ujar General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan resmi, Jumat, 26 Juli.

Meski belum beroperasi untuk naik dan turun penumpang, Eva bilang bahwa pendinasan petugas untuk on call emergency juga telah berjalan beserta seluruh perangkat lain seperti di antaranya petugas pengamanan dan kebersihan.

Akses Jalan Lewat Trans Heksa Karawang dan Deltamas

Untuk dapat mengoperasikan Stasiun Karawang melayani naik turun penumpang, sambung Eva, persiapan jalan akses menjadi salah satu faktor penting.

Eva mengatakan saat ini KCIC sedang menyiapkan akses dari kawasan trans heksa Karawang (THK) dan Deltamas untuk menuju stasiun Karawang.

“Nantinya, akan ada akses sepanjang sekitar 1,5 km dari THK dan Deltamas menuju Stasiun Karawang yang saat ini sedang dalam tahap akhir pembebasan lahan untuk selanjutnya memasuki tahapan persiapan konstruksi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Eva bilang saat ini pemerintah melalui kementerian PUPR juga sedang menyiapkan pembangunan exit KM 42 jalan tol Jakarta Cikampek yang langsung menuju kawasan Stasiun Karawang.

“Lainnya akses dari Tol Japek kini juga sudah dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan. Rencananya pembangunan dilakukan tahun ini sebagai bagian dari Proyek Strategi Nasional dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Menurut Eva, dengan adanya beragam akses tersebut, Stasiun Karawang akan terkoneksi dengan berbagai kawasan industrial, perkotaan, dan pusat perbelanjaan.

“KCIC juga terus melakukan komunikasi dengan berbagai provider penyedia layanan transportasi untuk memenuhi kebutuhan konektivitas antar moda dari dan menuju Stasiun Karawang,” jelasnya.