Hadirkan Sentra UMKM, KEK Sanur Diharapkan jadi Motor Penggerak Ekonomi Lokal

JAKARTA - PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau InJourney Hospitality terus melakukan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur.

KEK Sanur nantinya akan menjadi "World Class Medical & Wellness Centre" atau Pusat Layanan Kesehatan dan Pariwisata dengan fasilitas terintegrasi berstandar internasional.

Direktur Utama InJourney Hospitality Christine Hutabarat berharap Sentra UMKM Sanur akan menjadi motor penggerak ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Pengembangan Sentra UMKM Sanur ini menjadi bukti komitmen berkelanjutan Pemerintah melibatkan stakeholder setempat untuk berkolaborasi bersama pelaku usaha lokal, mendukung pertumbuhan dan perkembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," ujarnya mengutip website BUMN, Sabtu, 20 Juli.

Kawasan ini menjadi salah satu landmark di Bali yang diharapkan menjadi akselerator peningkatan perekonomian Indonesia, khususnya Bali, salah satunya melalui pengembangan fasilitas Sentra UMKM Sanur.

Ini merupakan salah satu fasilitas perkumpulan tenant UMKM yang terintegrasi dengan KEK Sanur, dimana Sentra UMKM dikembangkan dengan relokasi pelaku usaha lokal yang sebelumnya berjualan di tepi Pantai Sanur.

Konsep pengembangan Sentra UMKM tersebut yaitu Natah Antakara, secara etimologi berasal dari Bahasa Sansekerta dimana Natah berarti halaman, sedangkan Antakara berarti Matahari.

Keunikan dari Sentra UMKM ini yaitu dibangun di tepi pantai Sanur, tempat dimana matahari terbit di Tanah Bali.

Konsep perancangan sentra UMKM ini mengambil inspirasi terbesar dari Pantai Sanur, dan mengutip bentuk-bentuk arsitektur Bali dengan konsep penyediaan lahan terbuka namun modular untuk penempatan pelau usaha UMKM.

Melalui Sentra UMKM Sanur ini, pelaku usaha lokal dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan aksesibilitas produk kepada wisatawan dan masyarakat sekitar sehingga mendorong pertumbuhan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah Sanur.

Sentra UMKM Sanur akan memberikan peluang bagi para pengusaha lokal untuk meningkatkan daya saing UMKM Sanur dan membantu menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif dengan baik dan berkelanjutan.

PT Hotel Indonesia Natour, sebagai Badan Usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP) KEK Sanur, sedang mengembangkan Sentra UMKM Sanur di area seluas 973m2.

Proyek ini mencakup 49 kios UMKM dan 1 balai nelayan yang dilengkapi fasilitas basement dan panoramic deck dengan sentuhan kearifan lokal Bali.

Dalam pengelolaannya, InJourney Hospitality akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Denpasar melalui BUPDA untuk mengelola Sentra UMKM ini sehingga menjadi rumah bagi para pelaku UMKM.