Max Verstappen Kuasai Sprint Race GP Austria dengan Pertahanan Kokoh, Lando Norris Finish Ketiga

JAKARTA - Max Verstappen menampilkan pertunjukan bertahan yang mengesankan untuk menahan tekanan dari Oscar Piastri dan Lando Norris serta memenangkan sprint race GP Austria Sabtu, 29 Juni.

Norris sempat merebut posisi terdepan dari Verstappen pada lap kelima dari 23 lap di Red Bull Ring, Spielberg yang terik. Namun, Verstappen dengan cepat mengambil alih kembali posisi dari Norris di tikungan berikutnya sebelum melintasi garis finis dengan selisih 4.6 detik dari Piastri, sementara Norris harus puas finis di posisi ketiga.

George Russell finis di posisi keempat untuk Mercedes, satu posisi di depan Carlos Sainz dari Ferrari. Lewis Hamilton yang start keenam, juga finis di posisi yang sama.

Kemenangan Verstappen membuatnya memperluas keunggulannya dalam klasemen juara dunia dari 69 poin menjadi 71 poin menjelang sesi kualifikasi yang akan menentukan grid untuk acara utama pada Minggu, 30 Juni.

Verstappen mengklaim kemenangan dalam sprint race GP Austria pada Sabtu sore, menampilkan pertunjukan impresif untuk menahan kompetitor dan merebut posisi teratas. "Begitu pedas, tapi hasil yang bagus," ujar Verstappen di radio.

Verstappen mengalahkan Norris untuk meraih pole dengan selisih hanya 0.093 detik sebelum berhasil menjaga Norris di belakangnya pada sprint singkat ke tikungan pembuka.

Daripada menghadapi Verstappen, Norris harus memperhatikan Piastri di cermin belakangnya di mana pebalap Inggris itu terpaksa melakukan pertahanan di Putaran 3 dan 4.

Lebih jauh lagi, Russell melorot satu posisi ke posisi kelima setelah Sainz berhasil mengalahkan pembalap Mercedes tersebut. Russell berhasil mendapatkan posisinya kembali di lap delapan.

Pada akhir lap pertama, Verstappen memimpin dengan keunggulan sembilan per sepuluh detik atas Norris, namun pembalap 24 tahun dari Glastonbury berhasil tetap berada dalam jarak DRS.

Pada lap ketiga, Norris menekan habis-habisan di belakang Red Bull Verstappen dan sang juara dunia tiga kali harus menempatkan mobilnya di apex tikungan ketiga dan keempat untuk menahan rivalnya.

Norris mencoba melihat di luar Verstappen di Tikungan 4 pada putaran berikutnya, namun Verstappen kembali menunjukkan pertunjukan bertahan yang mengesankan.

Pada lap kelima, Norris meluncurkan McLaren-nya ke dalam Verstappen di Tikungan ketiga untuk memimpin. Namun Norris membawa terlalu banyak kecepatan ke tikungan, memungkinkan Verstappen untuk mempertahankan momen di Tikungan keempat dan kembali mendahuluinya. Piastri juga berhasil melaju melewati Norris saat pebalap Inggris ini tiba-tiba turun dari posisi pertama menjadi ketiga.

Piastri tidak mampu menyamai kecepatan Verstappen dan, saat Verstappen memperpanjang keunggulannya, sorotan beralih ke pertarungan untuk posisi kedua antara dua rekan tim McLaren.

Norris berhasil menjaga Piastri tetap dalam jangkauan sampai bendera kotak-kotak, namun tidak dapat menemukan cara untuk melampauinya, finis tujuh per sepuluh detik di belakang.

Kualifikasi untuk Grand Prix 71 putaran pada hari Minggu akan berlangsung pada pukul 16:00 waktu setempat.