HUT ke-78, Ini Jurus BNI Bantu Pencapaian Target NZE Indonesia

JAKARTA - Isu perubahan iklim telah menarik perhatian banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai net zero emission (NZE) atau emisi nol bersih pada tahun 2060.

Target tersebut pun dapat dicapai dengan mengurangi emisi karbon dengan efisiensi energi dan penggunaan energi baru terbarukan serta meningkatkan kapasitas penyerapan karbon melalui penghijauan.

Belum lama ini, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyelenggarakan kegiatan menanam 78.000 bibit mangrove dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78.

Adapun tujuan dari program CSR tersebut adalah untuk membantu pencapaian target NZE serta restorasi biodiversity di sekitaran pantai.

Anggota Komisi VI DPR RI Nasim Khan memberikan apresiasi terhadap program tersebut.

"Kabupaten Banyuwangi memiliki garis pantai sepanjang ratusan kilometer yang merupakan habitat dari pohon bakau. BNI berhasil mengkolaborasikan program CSR yang disalurkan dalam rangka ulang tahunnya dengan salah satu agenda utama dari pemerintah untuk menekan emisi karbon,” ujar Nasim Khan dalam keterangan kepada media, Rabu 26 Juni.

Nasim Khan juga menambahkan bahwa program BNI juga diharapkan membawa dampak ekonomi bagi masyarakat sekitaran pantai.

“Selain itu, hutan bakau dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat dari budidaya ikan, kepiting, udang, hingga rumput laut. Sebagai salah satu bank penyalur KUR, nantinya BNI dapat kembali membantu masyarakat melalui kredit bersubsidi dari pemerintah,” tutup Nasim Khan.