Presiden Argentina, Javier Milei Dukung Bitcoin dan Persaingan Mata Uang

JAKARTA - Presiden Argentina, Javier Milei, mengungkapkan niatnya pada 19 Juni untuk memperkuat sikap pro-kriptonya dengan mendukung pasar terbuka untuk mata uang, termasuk Bitcoin. Milei secara tegas menyatakan bahwa akan ada partisipasi pasar terbuka untuk Bitcoin bersama dengan unit transaksi lainnya di Argentina.

Dukungan Milei terhadap Bitcoin muncul di tengah upayanya menyelamatkan ekonomi Argentina yang sedang berjuang sejak menjabat pada Desember 2023. Presiden yang dikenal sebagai pendukung lama kripto ini memuji sistem moneter yang didorong oleh kelangkaan Bitcoin sebagai bentuk pemberdayaan bagi warga negara.

Komentar terbaru Milei ini mendapatkan respon positif dari komunitas Bitcoin, termasuk tokoh terkenal seperti mantan eksekutif VanEck, Gabor Gurbacs, yang menyoroti pendekatan ekonomi baru di Amerika Tengah dan Selatan, terutama di Argentina dan El Salvador, sebagai model berharga yang dapat dipelajari dunia.

Baca juga:

Dikutip dari CryptoNews, Gurbacs mengatakan dalam sebuat tweet, “Pekerjaan yang dilakukan Presiden @JMilei dan @nayibbukele tentang pasar bebas, Bitcoin serta keselamatan dan kemakmuran lokal sangat patut dipuji. Dunia memiliki banyak hal untuk dipelajari dari cetak biru ekonomi modern di Amerika Tengah dan Selatan, dengan Argentina dan El Salvador memimpin.”

Argentina mempercepat adopsi kriptonya, dengan melakukan pembicaraan tingkat tinggi dengan El Salvador untuk belajar dari pengalamannya menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Calon presiden Suriname, Maya Parbhoe, juga berjanji untuk mengadopsi Bitcoin ala El Salvador jika terpilih, dengan tujuan menggantikan dolar Suriname dengan Bitcoin.

Meskipun Milei sangat antusias terhadap Bitcoin, pemerintahannya menghadapi kritik, terutama dari komunitas kripto, karena langkah-langkah regulasi yang dianggap membatasi. Pada awal tahun ini, pemerintah Argentina mengesahkan undang-undang untuk memperketat regulasi terhadap penyedia layanan aset virtual – sebuah keputusan yang dianggap bertentangan dengan sikap pro-kripto Milei.