Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Buat Banyak Kesalahan

JAKARTA - Pelataih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyayangkan hasil akhir yang diraih tim saat menjamu Irak di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Shin Tae-yong menyebut banyak kesalahan yang dilakukan para pemainnya pada laga ini.

Timnas Indonesia tampil menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis, 6 Juni 2024, sore WIB. Pada laga itu Skuad Gardua kalah 0-2 lewat gol penalti Ayman Hussein (54') dan Ali Jassim (88').

Kekalahan ini menjadi kali kedua yang dialami Timnas Indonesia dari Irak sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Selepas laga, Shin Tae-yong tak lupa mengapresiasi kerja keras tim yang tampil di hadapan 60 ribu suporter. Namun, ia juga tak menutupi perasaan kecewa.

"Para pemain sudah bekerja keras, tetapi banyak hal yang disayangkan. Dengan pengalaman seperti ini, kami harus berusaha lagi ke depannya," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers selepas laga.

"Walaupun bermain baik, kesalahan sendiri membuat kami gagal. Ini yang harus dievaluasi, semoga ke depannya kami berkembang lagi," tutur sang pelatih.

Kekalahan atas Irak ini membuat langkah Skuad Garuda untuk lolos ke putaran ketiga menjadi cukup berat. Jordi Amat dan kolega harus memenangi pertandingan terakhir kualifikasi melawan Filipina pada Selasa, 11 Juni 2024.

Saat ini Indonesia masih menjadi runner-up Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan tujuh poin. Timnas Indonesia butuh satu kemenangan lagi untuk mematenkan tiket ke Piala Asia 2027 sekaligus melaju ke putaran ketiga kualifikasi.

Karena itu, Shin Tae-yong akan melakukan evaluasi besar sebelum laga melawan Filipina. Kondisi pemain akan ditata dengan baik agar bisa memperlihatkan kemampuan maksimal.