Menteri Israel Serukan Kebebasan Warga Yahudi Berdoa di Kompleks Al Aqsa, PM Netanyahu: Status Quo Tidak Berubah

JAKARTA - Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menegaskan status quo di Kompleks Masjid Al Aqsa atau Kuil Gunung tidak berubah, usai Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Israel Itamar Ben Gvir menyerukan warga Yahudi bebas berdoa di dalam tempat suci yang menjadi salah satu titik api konflik Palestina-Israel.

Media berbahasa Ibrani melaporkan sekitar 1.600 peziarah Yahudi memasuki Temple Mount pada Rabu pagi, termasuk seorang aktivis yang mengenakan tefillin, atau filakteri, saat berjalan di sekitar situs tersebut, sebuah tindakan ibadah yang telah lama dilarang.

Dalam apa yang akan menjadi pelanggaran terhadap pengaturan tidak tertulis yang sudah lama berlaku di Temple Mount, menteri ultranasionalis yang bertanggung jawab atas Kepolisian Israel yang bertanggung jawab atas keamanan di tempat tersebut, mengatakan kepada Radio Galei Israel, kebijakannya adalah mengizinkan orang Yahudi berdoa di kompleks tersebut.

"Saya juga senang bahwa orang Yahudi pergi ke Temple Mount dan berdoa di sana hari ini," kata menteri tersebut, yang mengikuti Pawai Bendera Hari Yerusalem tahunan melalui Kawasan Muslim di Kota Tua, melansir The Times of Israel 6 Juni.

"Ini sangat penting. Kebijakan saya sangat jelas tentang masalah ini: orang Yahudi dapat berada di mana saja di Yerusalem, berdoa di mana saja," tandasnya.

Terkait itu, Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengeluarkan pernyataan yang menyatakan "status quo di Temple Mount tidak berubah dan tidak akan berubah", setelah Ben Gvir mengklaim status quo telah berubah.

Temple Mount di Kota Tua Yerusalem adalah tempat tersuci dalam agama Yahudi, sebagai lokasi dari dua kuil di dalam Alkitab. Sementara oleh umat Islam, ini dikenal sebagai Haram al-Sharif atau Tempat Suci yang Mulia, tempat ini adalah rumah bagi Masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam.

Temple Mount atau Kompleks Masjid Al Aqsa sering menjadi tempat bentrokan antara pengunjuk rasa Palestina dan pasukan keamanan Israel.

Menanggapi komentar Ben Gvir, anggota Parlemen Israel Waleed Alhwashla dari partai Islam Ra'am menuliskan di media sosial, dengan menyerukan untuk "merusak status quo," menteri keamanan nasional melakukan "segala yang dia bisa untuk membakar Yerusalem dan seluruh negara."

Menyatakan "setiap hari tambahan yang dihabiskannya sebagai menteri yang bertanggung jawab atas kepolisian dan penegakan hukum merupakan bahaya yang nyata dan nyata bagi kita semua," Alhwashla menegaskan bahwa tidak cukup bagi Netanyahu untuk mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan Ben Gvir.

"Sudah saatnya memecatnya," katanya.

Ben Gvir, yang mengepalai partai sayap kanan Otzma Yehudit, adalah pendukung kuat akses yang lebih besar bagi orang Yahudi ke Temple Mount, telah melakukan beberapa kunjungan ke lokasi tersebut selama masa jabatannya sebagai menteri.

Sebuah video yang diunggah ke X bulan lalu menunjukkan orang Yahudi dari rombongan Ben Gvir berdoa selama kunjungan, yang oleh banyak orang dianggap sebagai provokasi.

Berbicara selama pawai Hari Yerusalem, Ben Gvir berulang kali menekankan orang-orang Yahudi memiliki Yerusalem dan tempat-tempat sucinya. Sebelum berangkat menuju Kota Tua, ia menyatakan perayaan Hari Yerusalem tahun ini mengirimkan pesan kepada Hamas, "Yerusalem adalah milik kita."

"Gerbang Damaskus adalah milik kita. Temple Mount adalah milik kita. Dan, kemenangan penuh adalah milik kita," katanya di awal pawai nasionalis, diapit oleh anggota parlemen Otzma Yehudit dan Menteri Kesetaraan Sosial May Golan dari Partai Likud milik Netanyahu.

Berbicara kepada pers di Gerbang Damaskus setelah pawai, Ben Gvir berbicara dengan nada yang sama, menyatakan ia ingin menyampaikan pesan kepada banyak warga Palestina yang menyimpan foto-foto tempat suci itu di rumah mereka.

Mereka menggantung "foto-foto Temple Mount dan ada foto-foto Yerusalem, dan kami memberi tahu mereka: Yerusalem adalah milik kami. Gerbang Damaskus adalah milik kami. Temple Mount adalah milik kami," katanya.

"Hari ini, menurut kebijakan saya, orang-orang Yahudi memasuki Kota Tua dengan bebas. Dan di Temple Mount orang-orang Yahudi berdoa dengan bebas. Kami katakan dengan cara yang paling sederhana, itu milik kami," tandasnya.