Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa, Sepertiga Malam itu Jam Berapa?

YOGYAKARTA – Bagi umat Islam, waktu terbaik untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT adalah pada saat sepertiga malam. Lantas, sepertiga malam itu jam berapa?

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasullullah SAW bersabada bahwa Allah akan mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh manusia pada sepertiga penghujung malam, baik itu terkait dengan urusan dunia maupun akhirat.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُوْلُ مَنْ يَدْعُوْنِيْ فَأَسْتَجِيْبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِيْ فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِيْ فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: Dari Abu Hurairah R.A, bahwasannya Rasulullah saw bersabda: Tuhan kami (Allah) tabaraka wa ta‘ala turun ke langit dunia setiap malam ketika sepertiga malam yang terakhir seraya berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.

Sepertiga Malam itu Jam Berapa?

Dalam buku Keutamaan Dzikir dan Doa Asmaul Husna karangan Hamid Sakti Wibowo dan Mustaqim, sepertiga malam dibagi menjadi tiga periode. Sepertiga malam periode pertama dimulai pada pukul 6 sore sampai jam 10 malam. periode kedua dimulai pada pukul 12.000 sampai jam 2 pagi.

Sementara menurut Kementerian Agama, sepertiga malam terakhir dimulai pukul 01.30 ssampai 04.30.

Menurut Syekh Ali Juma’ah, sepertiga malam dapat diperkirakan dari jam Magrub sampai Subuh dan dibagi tiga. Ini berarti, sepertiga malam terakhir berada di 3 jam setengah sebelum tibanya azan subuh, atau dari pukul 01.00 sampai waktu tubuh.

Keutamaan Berdoa di Sepertiga Malam

Di atas telah disinggung bahwa sepertiga malam merupakan waktu paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Pada waktu ini, umat Islam juga disarankan untuk melakukan salat malam atau salat Tahajud agar doa yang dipanjatkan dapat cepat terkabul.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Ustaz Adi Hidayat mengungkapkan kutamaan salat Tahajud  pada waktu sepertiga malam.

  • Allah SWT akan memangkat derajat hambanya di tempat terbaik.
  • Allah SWT akan memberika kemudahan untuk segala aktivitas yang dikerjakan hambanya.
  • Allah SWR akan membimbingi hambanya untuk mendapatkan solusi dari segala permasalahan yang di alami.
  • SWT akan melindungi hambanya dar setiap bentuk aktivitas apabila ada orang yang ingon mencelakainya,

Demikian informasi tentang sepertiga malam itu jam berapa. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.