Baru 53 Persen Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Telah Diberangkatkan ke Tanah Suci

SURABAYA - Pemberangkatan jemaah haji telah memasuki gelombang II. Hingga Minggu 26 Mei 2024, di Asrama Haji Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 56 kloter ke Tanah Suci. Dengan total 20.764 orang atau 53%.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Abdul Haris mengungkapkan di antara puluhan ribu jemaah yang telah diberangkatkan, ada beberapa jemaah yang tertunda keberangkatannya di Asrama Haji.

Saat ini ada enam jemaah haji tertunda keberangkatannya. Empat orang jemaah di antaranya, karena dirawat di RSUD Haji Surabaya, dan 2 orang adalah pendamping.

“Alhamdulillah 15 orang yang tertunda karena dirawat di RS Haji dan pendampingnya kemarin, ada sembilan orang yang sudah dinyatakan layak terbang termasuk pendampingnya. Hari ini hanya enam jemaah yang tertunda keberangkatannya di asrama haji," ujar Abdul Haris, Minggu 26 Mei.

Hari ini, Embarkasi Surabaya menerima kedatangan empat kloter, yaitu kloter 57, 58, dan 59 dari Banyuwangi serta kloter 60 yang merupakan gabungan dari Sidoarjo dan Banyuwangi.

Dalam pemberangkatan musim haji tahun ini, Embarkasi Surabaya memberangkatkan sebanyak 39.322 orang dari total keseluruhan 106 kloter. Mereka berasal dari Provinsi Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Bali.