Mengenal Slow Travel yang Bikin Bahagia, Berikut Pengertiannya

YOGYAKARTA - Jika mendengar kata libur, itu artinya, saatnya untuk healing sejenak dari hiruk pikuknya aktivitas kerja atau sekolah sehari-hari dengan menciptakan kenangan yang tak terlupakan di sana. Kali ini ada sebuah tren yang muncul yang dikenal dengan istilah slow travel. Lantas, sudahkah kalian mengenal slow travel? Yuk kita bahas!

Memiliki konsep yang berbeda dengan liburan pada biasanya, slow travel atau slow trip banyak digandrungi karena perjalanannya cenderung lebih santai, jadi kalian bisa menikmati pengalaman liburan dengan maksimal.

Mengenal Slow Travel

Slow travel merupakan salah satu konsep liburan yang menekankan pada pentingnya mengosongkan waktu buat betul-betul merasakan serta terhubung dengan destinasi yang didatangi. Itu sebabnya, ekspedisi ini umumnya memakan waktu lebih panjang.

Berbeda dengan tipe liburan pendek, liburan secara perlahan lebih mengutamakan kualitas perjalanan supaya liburan terasa lebih bermakna. Berikut ini bermacam manfaat yang dapat Kalian peroleh bila liburan dengan konsep ini:

I. Memperoleh Lebih Banyak Pengalaman

Berikutnya, slow trip bisa berikan Kalian waktu yang lebih banyak buat memahami budaya, bahasa, serta cerita lokal di destinasi yang didatangi. Maksudnya, pengalaman yang diperoleh jadi lebih banyak dibandingkan liburan singkat.

II. Kesempatan Menemukan Hidden Gem

Dengan mengosongkan waktu buat menjelajahi destinasi liburan secara perlahan, Kalian mempunyai peluang lebih besar buat menemukan tempat-tempat tersembunyi yang bisa jadi tidak diketahui oleh banyak turis lain.

III. Tingkatkan Kesehatan Mental serta Fisik

Slow trip bisa memberikan ruang buat menikmati waktu liburan secara lebih santai tanpa terlalu terburu-buru. Sehingga, Kalian dapat kurangi stres pikiran serta menghindari kelelahan fisik.

Ekspedisi Lebih Terjangkau

Dibandingkan konsep liburan yang lain, slow trip cenderung lebih terjangkau karena Kalian dapat tinggal lebih lama di satu tempat tertentu. Ini sangat efisien buat kurangi anggaran transportasi yang mahal.

IV. Lebih Menikmati Liburan

Dengan liburan secara perlahan, Kalian mempunyai peluang buat betul-betul merasakan suasana serta budaya lokal di destinasi yang Kalian kunjungi. Ini membuat ekspedisi liburan jadi terasa lebih berkesan.

Tips Slow Travel Dengan Mobil

Sebelum melaksanakan ekspedisi pastikan telah mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya dengan mengecek keadaan kendaraan. Berikut tips-tips menikmati liburan slow tavel memakai mobil:

1. Ciptakan Suasana Mobil yang Nyaman

Sebab perjalanannya full memakai kendaraan pribadi maka Kalian wajib membuat suasana mobil senyaman mungkin. Sebelum berangkat bersihkan interior serta ganti pengharum mobil dengan yang baru.

2. Jangan Memforsir Berkendara saat Terjadi Kendala

Selama ekspedisi jauh tentu ada saja hambatan yang bakal Kalian hadapi mulai dari cuaca, kondisi badan yang letih serta mengantuk, serta hal-hal yang lain. Bila alami hambatan hendaknya jangan memaksakan diri buat melanjutkan ekspedisi.

3. Mengecek Mobil

Cek seluruh bagian mobil secara merata buat memastikan kelayakannya apabila perlu jalani pengecekan di bengkel resmi. Pastikan seluruh komponen mobil bisa berperan dengan sempurna mulai dari mesin, sistem pengereman, sampai lampu-lampunya.

Bila perlu, jangan lupa periksakan mobil ke bengkel resmi terdekat. Para mekanik andal bakal mengecek serta membetulkan permasalahan pada mobil tersebut supaya bisa dikendarai dengan maksimal.

4. Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar

Cari tahu terlebih dahulu apakah di posisi tujuan ada penjual bahan bakar ataupun tidak. Bila tidak ada pastikan Kalian mempunyai cadangan bensin ataupun solar yang cukup.

5. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Keselamatan jadi prioritas utama selama berada di ekspedisi, supaya terhindar dari musibah Kalian wajib mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Tidak hanya itu, jangan berkendara di atas batasan kecepatan yang didetetapkan buat menghindari tabrakan.

Selain itu ada, “5 Tips Liburan yang Asyik Bersama dengan keluarga”.

Jadi setelah mengetahui mengenal slow travel, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!