Astronom dan Ilmuwan Data Temukan 27.500 Asteroid Baru Dekat Bumi dengan Dukungan Komputasi Google

JAKARTA - Para Astronom dan Ilmuwan Data dengan dukungan kekuatan komputasi dari Google telah menemukan 27.500 asteroid baru. Bahkan beberapa di antaranya sangat dekat dengan Bumi.

Kolaborasi mereka bertujuan untuk mempercepat pengembangan 'peta komprehensif tata surya' yang diperlukan untuk 'pertahanan planet,' menurut salah satu ahli astrofisika Harvard, Matthew Holman, yang membantu mengembangkan perangkat lunak penelusuran asteroid.

Hampir 1,7 miliar titik cahaya, terdokumentasi dalam 412.000 gambar inframerah dari arsip Laboratorium Penelitian Astronomi Optik-Inframerah Nasional (NOIRLab) AS, dipindai oleh algoritma penelusuran asteroid 'killer' proyek tersebut.

“Ini sangat penting,” seperti yang dikatakan oleh seorang mantan astronaut NASA yang memimpin proyek ini. “Ini kunci untuk melindungi Bumi dari benturan asteroid: mengetahui di mana semuanya berada.”

Sejak tahun 2002, mantan astronot NASA pensiunan tersebut, Dr. Ed Lu, telah menjabat sebagai direktur eksekutif dari organisasi nirlaba B612, di mana ia kini memimpin Institut Asteroid kelompok tersebut.

“Saat ini, kami adalah salah satu penemu terbesar asteroid di Bumi,” kata Dr. Lu. Ia juga menjelaskan identifikasi timnya terhadap puluhan ribu asteroid baru.

“Namun yang membuat ini menarik adalah bahwa kami tidak memiliki teleskop. Kami tidak mengoperasikan teleskop. Namun kami melakukan ini dari perspektif ilmu data,” ujarnya.

Algoritma Institut Asteroid B612 - yang dikenal sebagai Tracklet-less Heliocentric Orbit Recovery, atau THOR - menyaring arsip gambar astronomi NOIRLab untuk membedakan titik cahaya yang dipantulkan mana yang sebenarnya adalah asteroid yang berdekatan.

THOR dapat menghitung, berdasarkan bukti dari hanya dua gambar, terkadang diambil pada malam yang berbeda dan melalui dua teleskop yang berbeda, apakah titik cahaya itu sebenarnya adalah satu asteroid yang mengorbit sistem tata surya kita.

“Yang menarik adalah bahwa kami menggunakan elektron di pusat data, selain foton biasa di teleskop, untuk membuat penemuan astronomi,” kata Dr. Lu.

Algoritma THOR dirancang oleh Institut Asteroid B612 bekerja sama dengan Institut DiRAC Universitas Washington.

Kekuatan komputasi mentah yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi kandidat asteroid yang layak di seluruh gambar teleskop yang berbeda-beda ini pada masa lalu pasti membuat proses ini hampir tidak mungkin, bahkan baru-baru ini.

Namun, jaringan komputasi terdistribusi Google Cloud memungkinkan THOR untuk mengidentifikasi 27.500 kandidat penemuan asteroid baru yang 'dengan keyakinan tinggi' dalam waktu sekitar lima minggu.

“Ini adalah contoh dari apa yang mungkin,” kata Massimo Mascaro, seorang direktur teknis untuk kantor chief technology officer di Google Cloud.

Menurut pernyataan pers dari organisasi nirlaba B612, kolaborasi mereka dengan Google Cloud pada akhirnya akan membuat THOR bekerja pada 5,4 miliar pengamatan dari survei astronomi dan peralatan yang berbeda-beda - misteri-misteri langit yang mungkin terbukti sebagai asteroid atau objek luar angkasa lainnya.

Institut Asteroid mengumumkan bahwa mereka juga sedang menjajaki kemungkinan penggunaan teknologi kecerdasan buatan Google dalam upaya untuk mengotomatisasi pengecekan dan verifikasi kandidat asteroid potensial, seperti yang pertama kali dilaporkan oleh algoritma THOR mereka.

Di masa lalu, verifikasi awal dari kandidat-kandidat ini dibiarkan kepada sekelompok sukarelawan berupa siswa sekolah menengah, mahasiswa sarjana, peneliti pasca sarjana, ilmuwan, dan astronom profesional.

Namun, jika ekspansi proyek mereka yang dibantu kecerdasan buatan ini berhasil, Dr. Lu mengatakan bahwa pengurangan dalam pekerjaan verifikasi manusia yang memakan waktu ini akan membantu institut tersebut menyesuaikan proses THOR untuk set data astronomi yang jauh lebih luas dan luas, seperti yang akan segera datang dari Observatorium Vera C. Rubin, yang saat ini sedang dibangun di Chili.

“Ini adalah perubahan besar,” kata Dr. Lu.