Golkar Targetkan 60 Persen Kemenangan pada Pilkada 2024

JAKARTA - Partai Golkar menetapkan target kemenangan 60% dari 545 daerah yang akan menggelar Pilkada 2024 pada 27 November 2024. Hal ini diungkapkan Ketua DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa.

"Kita memiliki target 60%, tetapi kita perlu mengubah strategi kampanye. Survei penting untuk mengetahui siapa yang populer dan memiliki semangat, logistik, serta jaringan yang kuat," ujarnya di dalam keteranganya, Minggu 15 April.

Erwin menyebut Golkar telah menugaskan sejumlah ketua DPD provinsi dan kabupaten/kota untuk maju dalam Pileg 2024. Mereka yang berhasil mendapatkan kursi akan diikutsertakan sebagai bakal calon kepala daerah.

Strategi ini dinilai berhasil karena banyaknya caleg yang maju sebagai gubernur, bupati, dan wali kota dari Partai Golkar.

"Salah satu keberhasilan Golkar adalah banyaknya caleg yang maju sebagai kepala daerah. Ini strategi jangka panjang untuk Pileg dan Pilpres 2029," ungkap Erwin.

Pilkada kali ini menjadi penting bagi Partai Golkar, terutama untuk memperkuat posisinya di daerah-daerah strategis, seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang memiliki basis pemilih besar.

"Kita melihat potensi ini sebagai modal untuk Pileg dan Pilpres 2029," kata Erwin.

Beberapa kader potensial yang diusung Golkar, antara lain Airin Rachmi Diany di Banten, Ridwan Kamil di Jawa Barat, Khofifah Indar Parawansa di Jawa Timur, serta kader lain di Jakarta.

"Kami berharap kader-kader Golkar ini dapat memenangi pilkada dan membuka peluang untuk Pileg 2029," tambahnya.

Erwin menekankan pentingnya beberapa indikator dalam menentukan rekomendasi bagi kader yang akan maju sebagai bakal calon, antara lain popularitas, niat besar, dan logistik pendanaan.

"Rekomendasi akan dikeluarkan resmi pada Agustus dan didaftarkan ke KPU," jelasnya.

Sebelumnya, DPP Partai Golkar telah mengeluarkan surat tugas kepada sejumlah kader untuk maju di 545 daerah yang menggelar pilkada, meliputi 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota di seluruh Indonesia.