BINUS University dan Nusameta Hadirkan Wisata Borobudur dalam Bentuk Metaverse

JAKARTA - Mengikuti perkembangan metaverse yang kian berkembang saat ini, kolaborasi BINUS University dan Nusameta menghadirkan Nusa Borobudur sebagai platform Metaverse inklusif di Indonesia. 

Metaverse hasil kolaborasi antara BINUS University dan Nusameta ini akan menawarkan pengalaman virtual yang mendalam dan edukatif. 

Tidak hanya itu, proyek ini juga mencerminkan komitmen BINUS dalam memanfaatkan teknologi untuk membawa pendidikan dan pariwisata ke era digital yang semakin inovatif.

Dalam acara TECH DAY kali ini dalam Talkshow “The Future of Metaverse: How to Feel Immersive Learning and Become Creator Economy” Nusameta dan BINUS membahas potensi platform metaverse untuk pengalaman belajar yang imersif.

“Dengan langkah kita memanfaatkan teknologi dan kreatifitas yang berbasis lokal, Nusameta dapat menciptakan pengalaman belajar yang bisa membantu imajinasi siswa masuk ke dalam budaya dan tradisi dengan gaya mereka sendiri,” ujar Budianto, selaku Chief Product and Development Officer of Nusameta. 

Budi juga menyebutkan bahwa Nusa Borobudur ini akan membuka pintu untuk memperdalam pemahaman tentang warisan budaya dan nilai-nilai tradisional dengan kearifan lokalnya. 

Selain itu, Meyliana selaku Guru Besar Sistem Informasi BINUS University menekankan bahwa keberadaan metaverse yang sedang naik turun, tidak terlalu berpengaruh dalam fungsinya sebagai media pembelajaran. 

“Karena pengalaman belajar yang imersif dan kaya dengan pengalaman akan jauh lebih menarik bagi para siswa dibandingkan dengan belajar secara tradisional,” tuturnya. 

Melalui kehadiran Nusameta Borobudur, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih dalam dan interaktif, serta akses pendidikan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia.