Survei: Mayoritas Pengguna Muda Meta di Indonesia Punya Pribadi yang Berani
JAKARTA - Meta meluncurkan survei yang menganalisa karakter dan preferensi pengguna muda Meta di Indonesia bersama dengan Cretivox. Secara keseluruhan, survei ini menunjukkan bahwa pengguna muda di Indonesia memiliki karakter berani dalam mengambil keputusan.
Survei yang dilakukan ke pengguna berusia 15-30 tahun ini diikuti oleh hampir 10,000 pengguna dari berbagai provinsi di Indonesia.
Dilakukan pada bulan Maret 2024, survei ini menganalisa tujuh topik utama, yaitu aktivisme, media sosial, fashion dan kecantikan, wellbeing, interaksi sosial, kreator, hingga keuangan.
"Di Indonesia sendiri, kami melihat pengguna muda menjadi salah satu penggerak tren, budaya, percakapan dan best practices di platform Meta. Mereka berani berekspresi dan berkreasi untuk membawa manfaat dan pengalaman yang positif," kata Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Global untuk Meta di Asia Tenggara pada Rabu, 27 Maret.
Aktivisme
Survei ini melihat di mana 87 persen responden berpendapat bahwa media sosial adalah platform efektif untuk menyuarakan isu-isu penting.
Media Sosial
Sedangkan dari sisi media sosial, sebanyak 35 persen responden berpendapat bahwa terhubung dengan orang lain di media sosial adalah hal yang penting karena dapat menciptakan peluang baru.
Fashion dan Kecantikan
Survei menyebutkan hampir 65 persen pengguna muda cenderung mengikuti kreator yang memiliki gaya kasual. Selain peduli terhadap fashion, 86,5 persen responden menganggap skincare sebagai hal penting dalam perawatan diri.
Wellbeing
Hampir setengah pengguna muda berkeinginan meraih kesuksesan profesional (42 persen), namun mereka juga menginginkan ketenangan pikiran dan hati (34 persen). Nah, 28,5 persen responden mengungkapkan bahwa salah satu cara mereka mengatasi stres adalah dengan berselancar di media sosial.
Interaksi Sosial
Survei ini melihat bahwa kreator Meta yang membagikan konten menarik sangat membantu pengguna muda untuk eksplorasi tempat-tempat baru. Karena 72,5 persen pengguna muda memilih menghabiskan waktu dengan hangout, makan-makan, dan menjelajahi tempat-tempat menarik bersama teman.
Baca juga:
Kreator
Sebanyak 43 persen pengguna muda mengaku mengikuti selebriti atau kreator favorit bukan hanya karena gayanya, tapi juga karena skill yang kreator.
Finansial
Terakhir dari sisi finansial, sebanyak 66,5 persen pengguna muda menyadari perlunya asuransi untuk melindungi jiwa dan aset pribadi. Mereka juga memilih berinvestasi pada aset yang nilainya selalu tumbuh seperti properti (58 persen).
Untuk menginspirasi dan menyemangati mereka mewujudkan impian finansialnya, Meta menghadirkan sejumlah opsi untuk memonetisasi konten, mulai dari langganan (subscription), iklan di Reels, hingga Meta Verified.