Tips Sehat di Bulan Ramadan ala Andien Aisyah, Jaga Makan dan Latihan Pernafasan

JAKARTA - Penyanyi Andien Aisyah membagikan cara untuk tetap menjaga kondisi tubuh di tengah masa puasa selama bulan Ramadan versi dirinya.

Hal pertama yang ia lakukan ialah mengusahakan untuk tidak langsung memakan makanan manis ketika sudah waktunya berbuka puasa.

"Pertama, seenteng apa puasanya itu bergantung pada seperti apa yang kita makan. Jadi usahakan ketika berbuka, kita jangan langsung makan yang manis-manis," ujar Andien Aisyah di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Maret.

Bukan hanya makanan manis, Andien juga menyarankan agar tidak memakan makanan yang memiliki kandungan tepung dan gorengan. Hal ini harus dibarengi dengan minum air sebanyak 2,5 hingga 3 liter.

“Kalau bisa usahakan hindari tepung-tepungan dan goreng-gorengan karena itu bikin kita haus sebenarnya. Jadi di waktu kita berbuka sampai sahur usahakan kita minum 2,5 sampai 3 liter air putih," ucap Andien.

Terakhir, bukan hanya makanan yang harus diperhatikan ketika berpuasa. Andien mengatakan untuk memperbanyak nafas melalui hidung.

Menurut Andien hal ini dapat membantu kita yang berpuasa untuk membantu menahan rasa lapar, haus hingga mulut kering.

"Perbanyak bernafas dengan hidung ya, secara tidak sengaja kita suka mengambil nafas dengan mulut. Itu yang membuat puasa kita hampir kepayahan, mudah lapar, mulut kering dan sebagainya," kata Andien.