Bamsoet: Keberhasilan Partai Golkar di Pemilu 2024 Menunjukkan Soliditas Kader dan Mesin Partai yang Kuat

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau Bamsoet, mengapresiasi keberhasilan Partai Golkar dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024.

Dalam hasil sementara rekapitulasi perolehan suara oleh KPU RI, Partai Golkar menempati posisi dua besar perolehan kursi di DPR. Selain itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang diusung oleh Golkar, berhasil unggul dari dua pasangan calon lainnya.

“Keberhasilan Partai Golkar dalam meraih suara di pemilihan legislatif dan pemilihan presiden merupakan hasil kerja cerdas seluruh kader Partai Golkar di Indonesia, mulai dari ketua umum hingga akar rumput,” ucap Bamsoet dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Bamsoet, keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja cerdas seluruh kader Partai Golkar di Indonesia, mulai dari tingkat ketua umum hingga tingkat akar rumput. Soliditas kader dan mesin partai yang kuat mampu memenangkan Golkar dalam pemilu kali ini.

Bamsoet juga menyatakan keyakinannya bahwa perolehan kursi Partai Golkar di DPR RI mengalami peningkatan. Dengan mencatatkan dominasi suara di 15 provinsi, Bamsoet meyakini bahwa Partai Golkar bisa melebihi 100 kursi di DPR RI, meningkat dari 85 kursi yang diraih pada Pemilu 2019.

Selain itu, Bamsoet menjelaskan bahwa fokus Partai Golkar saat ini adalah menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Partai Golkar telah menugaskan lebih dari seribu kader untuk berpartisipasi dalam Pilkada 2024, dari bakal calon bupati hingga calon gubernur.

“Tentunya, Partai Golkar akan berusaha mengulangi kesuksesan meraih kemenangan di Pilkada, sesuai dengan keberhasilan dalam pemilihan legislatif Pemilu 2024,” kata dia.

Hasil Pileg 2024 akan menjadi acuan bagi Partai Golkar dalam menghadapi Pilkada 2024, memastikan kesiapan masing-masing calon yang akan diusung untuk bertarung dalam Pilkada.

Bamsoet menyampaikan pernyataan ini setelah menghadiri Rapat Pleno Partai Golkar di Jakarta, dimana rapat tersebut dihadiri oleh pimpinan partai termasuk Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Ketua Umum Nurdin Halid.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Bamsoet menekankan bahwa keberhasilan Partai Golkar dalam Pemilu 2024 adalah bukti nyata dari kesolidan kader dan mesin partai yang kuat, serta komitmen untuk terus berkontribusi dalam pembangunan politik di Indonesia.