Andhara Early Masih Berusaha Berdamai dengan Gangguan Anxiety

JAKARTA - Artis Andhara Early mengungkapkan kalau ia masih berusaha untuk berdamai dengan anxiety disorder atau gangguan kecemasan yang berlebihan di dalam dirinya sejak beberapa tahun lalu.

Salah satu cara yang ia lakukan untuk bisa berdamai dan mengontrol anxiety itu ialah dengan menuliskannya dalam sebuah jurnal pribadi. Ia mencoba untuk terus menulis setiap pertanyaan kekhawatiran yang ia rasakan.

"Intinya harus berdamai lah, kita bisa berdamai. rasa itu mulai (berkurang cemas nya) jadi apa yang ditakuti ngapain, misalnya aku takut tinggi, aku tulis, aku takut tinggi, kalau takut tinggi kenapa? Takut jatuh, emang kalau jatuh kenapa? Itu aku tanya-tanya terus terus sampai akhirnya 'oh nggak apa-apa kok'," kata Andhara Early di kawasan Karet Semanggi, Jakarta Selatan, belum lama ini.

"Iya (nulis kecemasan di buku) sampai sekarang masih kalau ada sesuatu yang masih ini, mendingan aku tulis," sambungnya.

Menurut Andhara ini menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk membantunya dalam meminimalisir kecemasan yang berlebihan itu datang di momen yang kurang tepat.

"Jurnal ini, biar kita bisa mengurai Kekusutan yang lagi kita rasakan," jelasnya.

"Sangat membantu dengan menulis kita bisa mengeluarkan emosi kita. Kalau kita nulis kan ada emosi yang tertekan dari pulpen. Beda sama kalau kita ngetik, nulis kan kalo kita marah tulisan nya tekanan pulpen nya juga lebih dalam. Kalau lagi seneng beda lagi ada gambar-gambar," pungkasnya.