Cara Merawat Mobil Putih Agar Selalu Terlihat Kinclong dan Bersih

YOGYAKARTA - Mobil warna putih dipilih banyak orang saat ini sebab dinilai mempunyai kesan lebih elegan serta menarik selaku kendaraan sehari-hari. Tetapi, cara menjaga mobil putih pula perlu diketahui tiap pemiliknya supaya dapat mempertahankan warna tetap cerah. Ingin tahu cara merawat mobil putih yang benar?

Mobil bercorak putih mempunyai beragam keunggulan. Pertama, mobil ini bisa membuat sorot lampu mobil seperti lampu rem lebih jelas sebab bersifat memantulkan cahaya.

Tidak hanya itu, mobil warna putih dapat menangkal hawa panas sebab memiliki watak tersebut. Perihal ini pastinya berikan keuntungan untuk para owner mobil ini yang tinggal di wilayah panas dengan mobilitas tinggi.

Tetapi perlu diketahui, mobil bercorak putih dinilai lebih sensitif dibanding dengan warna yang lain.

Bila tidak dirawat dengan baik serta benar, warna mobil ini bisa menguning ataupun kumal.

Cara Merawat Mobil Putih

1. Hindari Cuci Mobil Putih di Bawah Cahaya Matahari

Tidak cuma mobil warna putih saja, namun poin ini berlaku buat seluruh warna serta jenis mobil. Pada umumnya, masyarakat lebih senang cuci mobil di bawah cahaya matahari langsung dibanding di garasi ataupun tempat yang tertutup. Dengan harapan mobil lebih cepat kering sebab bantuan cahaya matahari. Sementara itu hal tersebut salah, lho!

Mencuci mobil di bawah cahaya matahari malah bakal memacu perubahan warna cat mobil serta dapat membuat pudar. Kenapa demikian? Pada saat Kalian mencuci mobil memakai shampo khusus mobil, tentu tidak langsung dibasuh bukan. Nah, rentang waktu dari membersihkan bodi dengan shampo sampai membilas bisa membuat shampo mengering dengan cepat bila mencuci mobil di terik cahaya matahari serta dapat menimbulkan jamur. Solusi terbaiknya yaitu melaksanakan pencucian mobil di tempat yang teduh. Kecuali kalian mencucinya cuma memakai air saja tanpa sabun ataupun sampo, tidak jadi masalah.

2. Kurangi Menjemur Mobil Putih di Bawah Terik Matahari Langsung

Saat ini, buat memperoleh posisi parkir yang teduh dimanapun Kalian bepergian memanglah susah. Terkadang kita wajib berebut dengan orang lain. Bila mengalami permasalahan semacam ini, guna menjaga mobil putih senantiasa terpelihara dari cahaya UV, carilah parkir yang tidak terpapar cahaya matahari langsung seperti di bawah pohon rindang. Meski matahari tembus melewati celah dedaunan, yang terpenting ialah cahaya matahari tidak menyorot langsung ke mobil.

Tidak hanya itu, bila dirumah Kalian tidak terdapat garasi di dalam rumah ataupun tumbuhan rindang, Kalian diperbolehkan buat menutup mobil dengan penutup mobil yang telah dilengkapi dengan penangkal cahaya UV. Namun, Kalian wajib pastikan buat tidak malas menutup kain mobil pada saat mobil tidak digunakan serta melepasnya kembali saat bakal digunakan.

3. Gunakan Teknik Mencuci Mobil Putih yang Benar

Rentang waktu antara pengaplikasian sabun ataupun sampo mobil dengan waktu membasuh sangat berarti dalam cuci mobil. Bila Kalian telat dalam membasuh sisa sabun bisa mempercepat proses pengeringan bagian tertentu mobil yang masih berbusa. Oleh sebab itu, ada baiknya apabila Kalian membilas terlebih dahulu bagian yang telah terkena sabun sebelum pindah buat membersihkan bagian lain mobil. Tujuannya, supaya tidak ada sisa busa ataupun sabun yang melekat dan mengering di bodi mobil, sehingga cat mobil tidak rusak.

4. Pakai Sabun serta Shampoo Khusus

Nah, metode merawat mobil putih serta warna mobil lainnya yaitu pemakaian shampo ataupun sabun pada saat cuci mobil. Jangan pernah memakai sabun yang tidak direkomendasikan buat cuci mobil semacam, sabun cuci pakaian, sabun colek serta sabun yang lain. Pemakaian sabun yang tidak cocok dengan peranannya bakal cepat merusak cat mobil. Sangat dianjurkan buat memakai sabun serta pula sampo khusus yang memanglah terbuat dan diperuntukkan buat cuci mobil. Dengan begitu cat mobil bakal terpelihara kebersihannya serta warna dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

5. Pakai Teknik Membasuh yang Benar

Proses pembilasan pada saat cuci mobil merupakan salah satu metode menjaga mobil putih serta mobil warna lainnya. Tujuannya ialah menghindari timbul bercak-bercak bekas sabun ataupun shampo pada saat cuci mobil. Metode yang pas yaitu membasuh secara satu arah, dimana seluruh permukaan bodi dibasuh secara berkala dari atas ke bawah.

Tidak hanya itu bila menerapkan pembilasan dari atas ke bawah bakal menjauhi kotoran nyangkut pada bagian celah mobil yang nantinya bakal mempersulit diri kalian sendiri.

6. Pakai Kain Lap Dengan Daya Serap yang Baik

Pemakaian kain lap dengan daya serap yang baik bakal menolong mempercepat pengeringan mobil warna putih yang Kalian miliki setelah selesai pencucian. Perbedaan mendasar pengeringan memakai lap serta pengeringan langsung dengan menggunakan cahaya matahari. Pemakaian kain lap tidak bakal meninggalkan bercak air yang mengering, sebaliknya pemakaian sinar matahari bakal meninggalkan bercak air yang mengering.

7. Lakukan Pemolesan

Cuci mobil sesungguhnya tidak cukup buat mempertahankan mobil warna putih tetap bersih serta berkilau. Kalian wajib teratur melaksanakan pemolesan sehingga mobil mampu berkilau seperti baru. Pemolesan pula bakal melenyapkan jamur yang melekat, yang mana sanggup mencegah cat mengelupas.

Selain itu untuk lebih mantap lagi dalam merawat mobil putih, baca juga “Empat Tips Menghindari Kaca Mobil Berjamur” pada saat musim hujan.

Jadi setelah mengetahui cara merawat mobil putih, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!