Paus Kripto Transfer 867,6 Juta XRP

JAKARTA - XRP, salah satu kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, menjadi sorotan di pasar kripto pada Kamis, setelah dua penguncian eskrow yang besar dan dua transfer besar oleh pemegang koin. Escrow adalah mekanisme yang mengunci XRP di dalam kontrak yang hanya dapat dibuka jika memenuhi syarat tertentu.

Informasi saja, penguncian escrow adalah proses di mana kripto yang diperdagangkan disimpan oleh pihak ketiga yang terpercaya sampai transaksi selesai. Pihak ketiga ini akan melepaskan atau mengembalikan kripto sesuai dengan konfirmasi pembayaran atau perselisihan. Penguncian escrow membantu melindungi penjual dan pembeli dari risiko penipuan dalam transaksi kripto.

Data on-chain yang dilacak oleh Whale Alert menunjukkan bahwa sekitar 867,6 juta XRP berpindah tangan hari ini. Angka berjumlah fantastis itu menarik perhatian komunitas kripto. Dari jumlah tersebut, 800 juta XRP dikunci dalam eskrow di Ripple, perusahaan yang mendukung pengembangan XRP, sedangkan 67,6 juta XRP dijual ke bursa kripto (CEX).

Menurut Whale Alert, XRP dikunci dalam eskrow melalui dua transaksi terpisah. Transaksi pertama mengunci 300 juta XRP dalam eskrow di Ripple oleh alamat r9U...iYp. Transaksi kedua mengunci 500 juta XRP dalam eskrow di Ripple oleh alamat rB3...cPn. Jumlah total XRP yang dikunci adalah sekitar $404,86 juta (Rp6,3 triliun) pada saat penulisan, menimbulkan spekulasi di antara pedagang dan investor.

Di sisi lain, transfer XRP ke CEX Bitstamp dan Bitso juga menimbulkan spekulasi di pasar kripto. Menurut Whale Alert, alamat dompet ...Rzn memindahkan 67,6 juta XRP ke CEX tersebut dalam dua transaksi berbeda. Pertama, alamat tersebut memindahkan 37,9 juta XRP ke Bitstamp, CEX yang berbasis di Luxembourg. Kedua, alamat tersebut memindahkan 29,7 juta XRP ke Bitso, CEX yang berbasis di Meksiko. Transfer ini menarik karena Ripple memiliki saham strategis di kedua CEX tersebut.

Harga XRP

Sementara itu, harga XRP juga menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 2,04% dalam 24 jam terakhir dan saat ini diperdagangkan pada $0,506 (Rp7.922). Namun, grafik mingguan menunjukkan penurunan sebesar 1,54%, yang diikuti dengan penurunan bulanan sebesar 20,31%.

Lonjakan harga ini tampaknya sejalan dengan penguncian besar XRP dalam eskrow di Ripple, yang mengurangi pasokan yang beredar hingga syarat tertentu terpenuhi. Selain itu, XRP Whale, seorang pengamat pasar kripto terkenal, memicu optimisme pasar untuk XRP dengan menyatakan, “XRP akan melesat.”