Dianggap Tidak Menguntungkan, Netflix Tidak Akan Tersedia di Vision Pro

JAKARTA – Netflix, platform streaming video, menjadi salah satu aplikasi yang tidak akan muncul di Apple Vision Pro. Bahkan, pengguna tidak bisa mengoperasikan Netflix dari aplikasi versi iPad.

Akses yang tidak tersedia ini merupakan keputusan langsung dari pihak Netflix. Beberapa waktu lalu, perusahaan itu mengatakan bahwa mereka tidak berencana menambahkan Netflix ke dalam perangkat baru buatan Apple.

Namun, baru-baru ini mereka memberikan alasan yang lebih spesifik. Co-CEO Netflix Greg Peters mengatakan kepada Stratechery bahwa keputusan ini merupakan bagian dari strategi perusahaan. Netflix harus mempertimbangkan keuntungan saat ingin berinvestasi.

“Bukan karena keengganan atau kurangnya keinginan, tetapi ketika Anda memperhatikan bahwa kami melihat perspektif perangkat hampir ada di mana-mana, keputusan yang mengarah pada hal itu adalah kami mencoba dan sangat teliti,” kata Peters.

Pejabat Netflix itu menekankan bahwa perusahaannya tidak akan berinvestasi di tempat yang tidak menguntungkan. Setelah meneliti teknologi komputer spasial Apple, Netflix menyadari bahwa mereka tidak akan mendapatkan banyak keuntungan.

“Tentu saja kami selalu berdiskusi dengan Apple untuk mencoba mencari tahu hal tersebut. Namun, saat ini, perangkat tersebut masih dalam skala kecil sehingga tidak terlalu relevan bagi sebagian besar anggota kami,” jelas Peters.

Meski alasan yang disampaikan cukup spesifik, penjelasan ini lebih mengarah kepada aplikasi asli yang tidak mau mereka buat. Peters tidak menjelaskan mengapa Netflix versi iPad tidak diizinkan untuk beroperasi di perangkat tersebut.

Jika pengguna Vision Pro ingin menonton film atau acara menarik, mereka bisa menggunakan Disney+ yang memang bekerja sama dengan Apple. Namun, jika pengguna hanya menginginkan Netflix, mereka masih bisa mengakses platform tersebut melalui Safari.