6 Jenis Tanaman Hias dengan Media Tanam Air, Ada Begonia dan Philodendron

JAKARTA - Ada beberapa tanaman hias yang bisa ditanam di air, seperti baby tears, begonia, dan bambu keberuntungan. Ketahuilah bahwa sejumlah tanaman hias memang diciptakan secara genetik dapat tumbuh dan membentuk akar ketika terkena kelembapan. 

Ini adalah adaptasi kelangsungan hidup dan merupakan propagasi atau perbanyakan tanaman dengan memanfaatkan bagian dari tanaman itu sendiri. Tanaman hias yang bisa ditanam di air bisa tumbuh hanya dengan dicelupkan ke dalam tanah. Selain membuat pemilik tanaman tak banyak bersentuhan dengan tanah, menanam tanaman hias dengan media air juga tampak cantik secara estetika. 

Dilansir dari  The Spruce, Senin, 22 Januari berikut beberapa tanaman yang bisa tumbuh di media air dan dapat menambah koleksi tanaman di rumah.

Baby’s Tears

Tanaman baby’s tears menghasilkan daun kecil yang merambat dan membentuk alas lebat namun halus. Ambil sedikit batang dengan atau tanpa akar. Lalu, lihatlah betapa mudahnya tanaman ini beradaptasi tumbuh di air. Karena daun tanaman baby’s breath banyak tumbuh di sepanjang batangnya, daun yang terus-menerus terendam bisa mudah membusuk. Ganti air setiap minggu untuk menghilangkan daun yang mengapung di air. Dan biarkan ketinggian air turun setelah akar terbentuk dengan baik.

Begonia

Begonia, tanaman yang punya batang tebal dan segar juga merupakan salah satu tanaman hias yang bisa ditanam di air dengan baik. Kita bisa berlatih menanam di air menggunakan begonia lilin yang kuat dengan simpul daun yang sangat menonjol dan akar yang terbentuk dengan mudah. 

Begonia rex yang mewah dan begonia tuberous juga bisa tumbuh di air, bahkan hanya memerlukan satu daun untuk memulai tanaman baru. Mungkin perlu waktu beberapa bulan bagi tanaman untuk membentuk akar. Sebaiknya, lakukan penggantian air setiap minggu untuk mencegah bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan dan menghambat pertumbuhan tanaman.

Coleus

Seiring dengan semakin populernya tanaman coleus, harga mereka pun ikut meningkat. Meski begitu, tanaman coleus mudah diperbanyak dan tumbuh di air, sehingga Anda dapat membuat koloni tanaman yang indah.

Ambil potongan enam inci dan buang daun dari empat inci terbawah. Tempatkan potongan dalam gelas atau vas berisi air. Dan Anda akan melihat akar mulai terbentuk dalam beberapa minggu. Menambahkan sedikit teh kompos ke dalam air setiap bulan akan membantu tanaman coleus tumbuh subur.

Lucky Bamboo

Lucky bamboo atau bambu keberuntungan merupakan salah satu tanaman hias dalam ruangan terbaik yang bisa tumbuh di dalam air. Tanaman ini sangat cocok ditempatkan dalam vas kecil, tergantung pada ukurannya. Pastikan akarnya terendam di dalam air dan tambahkan kerikil di sekelilingnya untuk penempatan yang kokoh.

Baca juga:

Philodendron

Tanaman philodendron tumbuh subur di semua jenis kondisi sinar matahari. Tetapi jika tanaman ini memiliki lebih banyak pertumbuhan batang daripada daun, pencahayaan yang lebih terang akan menghasilkan lebih banyak daun. Anda bisa mengambil beberapa batang dari tanaman philodendron untuk dikembangbiakkan di dalam air.

Photos

Photos atau sirih gading merupakan tanaman hijau runcing berbentuk hati yang berasal dari Pasifik Selatan. Daunnya terkadang beraneka ragam dengan guratan putih, kuning, atau hijau pucat. Potong sulur sirih gading dengan tiga atau empat ruas. Buang daun di bagian bawah sulur karena daun yang tertinggal di bawah air akan membusuk. Tanaman ini bisa tumbuh dengan sangat cepat. Dalam sebulan, bisa tumbuh lebih dari satu kaki.