Mengenal Profesi Account Officer: Pengertian, Tugas, Syarat, Skill yang Dibutuhkan, hingga Gaji

YOGYAKARTA – Mengenal profesi Account Officer bisa dimulai dari pengertian. Pekerjaan ini masih berhubungan dengan akuntansi sehingga erat berkaitan dengan bagian keuangan. Untuk menjadi seorang account officer (AO), masyarakat harus tahu pengertian, tugas, syarat, skill, hingga gaji yang akan didapatkan setelah bekerja di dunia profesional.

Mengenal Profesi Account Officer

Secara sederhana, account officer adalah profesi yang bekerja di bidang pembukuan dan pencatatan keuangan di perusahaan. Tugas seorang account officer yakni melakukan pencatatan baik transaksi, pembayaran, pengeluaran, maupun memproses faktur agar sudah sesuai aturan.

Sejarah akutansi di dunia sendiri sudah sejak lama. Bahkan sudah ada di era Mesir Kuno. Perkembangan ilmu akuntansi sendiri terus berubah.

Posisi account officer sangat penting dalam sebuah perusahaan. Tidak hanya melakukan pencatatan namun juga mengawasi kondisi finansial perusahaan. Profesi ini harus mengetahui keuangan perusahaan digunakan untuk apa dan hasilnya bagaimana.

Tugas Account Officer

Posisi account officer tidak hanya dibutuhkan di perusahaan, namun di koperasi atau perbankan. Tugas yang diemban oleh seorang AO juga didasarkan pada tempat ia bekerja. Meski begitu tugas AO secara umum adalah sebagai berikut, dikutip dari berbagai sumber.

  • Mencatat keuangan, baik uang masuk maupun keluar
  • Melakukan pemeriksaan terhadap faktur
  • Menangani hutang-piutang.
  • Memastikan kebenaran transaksi dan faktur
  • Memastikan proses penyelesaian pembayaran hutang
  • Mengelola kebutuhan operasional
  • Melakukan audit internal
  • Menyusun laporan keuangan
  • Mengatur masalah gaji karyawan
  • Memastikan arus kas perusahaan tetap sesuai alur
  • Menjaga transaksi dengan klien

Syarat Menjadi Account Officer

Tidak mudah menjadi seorang AO karena harus memenuhi syarat. Biasanya perusahaan memiliki syarat tertentu bagi kandidat yang ingin melamar posisi AO yakni sebagai sebagai berikut.

  • Kualifikasi Pendidikan Sesuai

Untuk menjadi seorang AO, kandidat harus memenuhi kualifikasi pendidikan yang sesuai. Tidak harus menggunakan ijazah sarjana, kandidat AO bisa menggunakan ijazah sekolah menengah atas (SMA) atau kejuruan.

Adapun jurusan AO yang harus relefan adalah akuntansi atau jurusan lain yang mengajarkan ilmu akuntansi dasar dan pembukuan. Selain itu beberapa perusahaan juga mengharuskan kandidat AO untuk memiliki sertifikat yang didapat dari pelatihan tertentu seperti pelatihan analisis, pelaporan data keuangan, teori akuntansi, maupun prosedur pembukuan.

  • Memiliki Kemampuan Menghitung

Syarat dasar menjadi seorang AO adalah kemampuannya menghitung angka. Syarat ini wajib dipenuhi mengingat profesi account officer akan berkutat dengan angka. Saat melakukan tugasnya, perusahaan biasanya akan memberikan alat bantu untuk memudahkan pekerjaannya. Namun AO harus bisa melakukan penghitungan keuangan dengan benar dan teliti.

  • Pengalaman Kerja yang Sesuai

Beberapa perusahaan juga mensyaratkan kandidat AO memiliki pengalaman kerja yang sesuai di bidangnya. Hal tersebut dibutuhkan untuk memudahkan perusahaan maupun kandidat itu sendiri dalam menyusun dan menyajikan data keuangan.

Skill yang Dibutuhkan Account Officer

Seorang account officer dituntut untuk memiliki beberapa skill demi memudahkan pekerjaan sekaligus meningkatkan nilai plus bagi kandidat. Beberapa skill yang dibutuhkan oleh AO adalah sebagai berikut.

  • Accounting Skills

Seorang AO harus memiliki accounting skills mulai dari menguasai matematika tingkat lanjut, mampu menyajikan data keuangan, dan masih banyak lagi.

  • Keterampilan Komputer

Dalam melakukan tugasnya, seorang AO harus bisa mengoperasikan komputer atau menguasai keterampilan teknis digital. Hal itu dilakukan karena pengerjaan akuntansi dilakukan menggunakan aplikasi ternteu seperti MS Word, MS Excel, atau aplikasi lain berbasis digital.

  • Komunikasi

Profesi AO juga dituntut memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena pekerja AO tidak hanya berhubungan dengan angka namun dengan pihak lain seperti pemangku kebijakan, klien, atau tim operasional.

  • Mampu Memecahkan Masalah

Meski berkaitan dengan angka, AO juga dituntut untuk bisa menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien.

Gaji Account Officer

Gaji account officer di Indonesia berbeda-beda tergantung tingkat pengalaman, kebijakan perusahaan, atau kebijakan pemerintah. Gaji account officer junior biasanya berada di angka Rp3 juta hingga Rp5 juta.

Berbeda dengan AO senior yang bisa mendapatkan gaji lebih tinggi. Misalnya AO di lembaga perbankan BUMN bisa mendapat gaji mulai Rp6 juta hingga Rp8 juta. Gaji AO akan berbeda jika berada di perusahaan tambang.

Selain mengenal profesi account officer, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.