Kemenhub Sediakan 4.415 Tiket Mudik Gratis via Kapal Laut di Libur Natal dan Tahun Baru

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menyelenggarakan program mudik gratis.

Sebanyak 4.415 tiket mudik disediakan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Hendri Ginting mengatakan, ada sembilan rute yang akan melayani program mudik gratis yang diselenggarakan bersama Pelni.

Adapun sembilan rute yang akan beroperasi di antaranya Kupang-Ende, Balikpapan-Pare-Pare, Makassar-Surabaya, Bitung-Sorong, Makassar-Bau-Bau, Batam-Belawan, Makassar-Bau-Bau, Ambon-Tual, dan Jayapura-Biak.

“Dengan total tiket yang digelontorkan kurang lebih sebanyak 4.415 tiket” ungkap Hendri dalam keterangan resmi, Senin, 18 Desember.

Lebih lanjut, Hendri mengatakan, pola mudik gratis kali ini berbeda dengan mudik gratis tahun-tahun sebelumnya.

“Rute yang dipilih memang lebih berfokus ke Indonesia Timur dikarenakan banyak masyarakat di Indonesia Timur yang akan merayakan Natal,” jelasnya.

Hendri juga mengatakan terdapat beberapa ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi pemudik sebelum mendapatkan mudik gratis.

“Syarat dan ketentuan lebih lanjut terkait program mudik gratis dapat masyarakat akses melalui linktr.ee/mutisnatal2023kemenhub atau melalui Contact Center Pelni 162,” katanya.