Melihat Kemiripan Dari Sabang Sampai Merauke dengan Lagu Kebangsaan Prancis

JAKARTA - Media sosial diramaikan dengan video yang menampilkan beberapa masyarakat Indonesia menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke saat lagu kebangsaan Prancis, La Marseillaise, versi instrumental dikumandangkan.

Adapun, peristiwa tersebut terjadi dalam ajang Aquabike Jetski World Championship 2023 di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada Minggu 26 November 2023

La Marseillaise diciptakan oleh Claude Joseph Rouget de Lisle pada tahun 1792 dengan judul Chant de guerre pour l'Armée du Rhin. Lagu ini dibuat setelah deklarasi perang antara Perancis dan Austria.

Kemudian, La Marseillaise dijadikan lagu kebangsaan untuk Première République pada tahun 1795.

Sementata, lagu Dari Sabang Sampai Merauke merupakan lagu nasional yang diciptakan oleh R. Suharjo pada tahun 1961. Lagu ini menggambarkan bagaimana Indonesia adalah negara kepulauan dengan belasan ribu pulau yang terbentang dari Sabang, Aceh di sisi barat dan Merauke, Papua di sisi timur.

Sepintas, kedua lagu tersebut memang memiliki kesamaan pada bait awal lagu, setidaknya pada dua birama awal.

Namun, pemenggalan kata dalam lirik dari kedua lagu tersebut berbeda. Dua birama awal La Marseillaise terdiri dari 17 suku kata, sementara Dari Sabang Sampai Merauke terdiri dari 16 suku kata.

“Allons enfant de la patrie, Le jour de gloire est arrivé,” bunyi dua baris awal lagu La Marseillaise.

“Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau,” bunyi dua baris awal lagu Dari Sabang Sampai Merauke.

Kemiripan kedua lagu tersebut tidak dapat disebut sebagai plagiasi. Secara detail, keduanya berbeda. Terlebih, kemiripan hanya ada dalam dua birama.

Selain Dari Sabang Sampai Merauke, dua birama awal La Marseillaise juga ada dalam intro lagu All You Need Is Love dari The Beatles.

Sebelum masuk bait pertama lagu, lagu yang dirilis pada tahun 1967 itu mengimitasi melodi La Marseillaise.