Tarik Uang Gagal di ATM Tapi Saldo Terpotong, Solusinya Gampang!
YOGYAKARTA – Tarik uang gagal di ATM tapi saldo terpotong memang kerap terjadi dalam keuangan. Hal itu bisa disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya adalah adanya kesalahan teknis pada mesin ATM. Saat nasabah menemui kendala tersebut tap perlu panik karena solusinya mudah.
Solusi Tarik Uang Gagal di ATM Tapi Saldo Terpotong
Saat melakukan penarikan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) namun uang tidak keluar dan saldo terpotong, cara paling mudah adalah dengan melaporkan kejadian tersebut ke pihak bank.
Pelaporan penarikan uang di ATM yang gagal namun saldo terpotong bisa dilakukan secara offline yakni dengan mendatangi kantor bank yang bersangkutan. Namun untuk sebagian bank pelaporan bisa dilakukan secara online baik lewat aplikasi maupun melalui call centre.
Sebelum lapor, nasabah bisa mempersiapkan beberapa bukti pendukung agar proses penukaran uang bisa lebih cepat dilakukan yakni sebagai berikut.
- Cetak Mutasi ATM
Nasabah disarankan untuk mencetak mutasi lewat mesin ATM. Setelah kartu ATM keluar, segera masukkan lagi kartu ke dalam mesin lalu masuk ke menu mutasi. Setelah itu nasabah bisa mencetak mutasi tersebut atau bisa pula dengan foto menggunakan ponsel.
Dalam mutasi rekening tercatat informasi transaksi di rekening termasuk penarikan uang yang berhasil atau gagal.
- Foto Mesin ATM
Setelah itu nasabah bisa mencatat atau mengambil gambar mesin ATM. Informasi ini dibutuhkan untuk memberikan informasi kepada pihak bank sehingga investigasi bisa cepat dilakukan. Usahakan pemotretan mesin ATM dilakukan dengan jelas dan tidak blur.
- Catat Waktu, Tanggal, dan Lokasi ATM
Nasabah juga disarankan untuk mencatat tanggal, waktu, dan lokasi penarikan ATM. Pencatatan waktu semakin detil semakin baik. Jika kesulitan, nasabah bisa mencatat jam dan perkiraan menitnya. Sedangkan untuk lokasi ATM harus dicatat lokasi di mana mesin berada.
- Persiapkan Dokumen Pendukung
Untuk melaporkan penarikan uang yang gagal namun saldo ATM terpotong, nasabah harus menyertakan kartu identitas KTP dan buku tabungan. Pelaporan harus dilakukan oleh pemilik rekening secara langsung.
- Lapor ke Bank
Setelah semua syarat terpenuhi, nasabah bisa menghubungi pihak perbankan dengan cara mendatangi kantor pusat atau cabang tempat nasabah membuat rekening, atau bisa pula dilakuan secara online. Seluruh bank menyediakan kontak call centre yang dapat menjadi pintu pelaporan. Beberapa bank juga bisa melaporkan kejadian ini melalui aplikasi yang tersedia.
Penyebab Penarikan Uang di ATM Gagal namun Saldo Berkurang
Nasabah disarankan untuk mengetahui apa saja penyebab penarikan uang di ATM gagal namun saldo berkurang. Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut.
- Kerusakan pada Mesin ATM
Kerusakan pada mesin ATM bisa jadi salah satu penyebab uang tidak keluar namun saldo tetap terpotong. Kerusakan tidak hanya pada komponen hardware saja namun bisa karena software mengalami trouble. Di sebagian ATM, software yang diinstal pada mesin ATM kadang lemot sehingga nasabah perlu menunggu sebentar untuk memastikan apakah uang yang ditarik benar-benar tidak keluar.
- Sistem Down atau Sedang Maintenance
Masalah juga bisa terjadi karena sistem bank sedang down atau sedang maintenance. Jika ini terjadi, kegagalan transaksi sangat mungkin terjadi. Tak perlu khawatir karena nasabah bisa melaporkannya ke bank.
- Sambungan Listrik Terputus
Masalah ini juga sangat mungkin terjadi. Saat nasabah melakukan transaksi, sambungan listrik bisa terjadi sehingga transaksi bisa mengalami kegagalan.
Selain informasi tentang tarik uang gagal di ATM tapi saldo terpotong, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.