Penumpang Whoosh Diminta Jangan Telat, 5 Menit Jelang Keberangkatan Pintu Kereta Cepat Sudah Ditutup

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mengingatkan agar penumpang Kereta Cepat Whoosh datang ke stasiun selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Hal karena, secara system boarding kereta pada gate akan ditutup 5 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa menjelaskan, penerapan kebijakan ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan keamanan penumpang saat berada di stasiun dan di kereta.

“KCIC juga berkomitmen untuk memastikan perjalanan Kereta Cepat Whoosh sesuai dengan jadwal yang ditentukan dengan target tingkat ketepatan waktu mencapai 100 persen,” katanya di Jakarta, Jumat, 27 Oktober.

Masih kata Eva, kebijakan ini juga mempertimbangkan luas stasiun dan jarak yang perlu ditempuh dari gate di lantai 2 menuju peron stasiun yang terletak di lantai 3 maka akan sangat berisiko jika penumpang terburu-buru atau berlari menuju peron karena dikhawatirkan penumpang dapat terjatuh dan terluka.

“Karena itu melalui kebijakan tersebut, penumpang Kereta Cepat Whoosh diimbau untuk tiba di stasiun 30 menit sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari tertinggal kereta,” ucapnya.

Telat Datang Tiket Hangus

Apalagi, sambung Eva, ketika tiba di stasiun terdapat sejumlah proses yang harus dijalani penumpang sebelum masuk dalam kereta mulai dari pemeriksaan barang bawaan hingga proses boarding.

“Bagi penumpang yang datang terlambat, maka tiket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat digunakan untuk perjalanan kereta selanjutnya. Jika tetap akan menggunakan perjalanan kereta cepat maka harus membeli tiket baru,” tuturnya.

Sementara itu, kata Eva, bagi penumpang yang sudah membeli tiket Kereta Cepat Whoosh secara online melalui aplikasi Whoosh, web ticket.kcic.co.id, dan saluran pemesanan resmi lainnya tidak perlu lagi mencetak tiket karena dapat langsung melakukan boarding dengan menggunakan QR Code yang didapatkan usai melakukan pembelian tiket.

“Hal ini tentu saja dapat mempersingkat proses boarding,” jelasnya.

KCIC berkomitmen untuk terus memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik pada masyarakat agar layanan kereta cepat Whoosh ini bisa dinikmati secara optimal. Untuk kenyamanan bersama penumpang dihimbau untuk dapat mengatur waktu kedatangannya ke Stasiun.

“Seluruh stasiun kereta cepat Whoosh sudah dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman dan luas. Penumpang juga dapat menunggu di area bazaar kuliner yang tersedia. Adapun sejumlah gerai retail yang sudah bekerja sama juga akan dibuka dalam waktu dekat,” ucapnya.