Puluhan Orang Menderita ISPA Akibat Kebakaran di TPA Rawa Kucing

TANGERANG - Kebakaran yang terjadi pada TPA Rawa Kucing, Neglasari, Kota Tangerang mengakibatkan puluhan orang mengalami penyakit. Salah satunya adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

“Mulai dari hari pertama dan kemarin, setiap harinya sekitar ada puluhan yang kita tangani. Mulai dari petugas Damkar yang luka tusuk atau sobek, juga banyak juga terkena ISPA,” kata Koordinator Lapangan (Korlap) PMI Kota Tangerang, M Rayyan Ismail saat dikonfirmasi, Senin, 23 Oktober.

Ismail menyebut untuk saat ini pihak PMI Kota Tangerang tetap berjaga 24 jam di sejumlah titik pos yang masih mengeluarkan asap dari kebakaran gunung sampah TPA Rawa Kucing.

"Kita tangani rata-rata itu karena ISPA yang dialami lansia dan juga balita. Seperti hari ini, sudah lebih dari enam balita,” katanya

Rayyan juga mengatakan untuk penanganannya, pihaknya memisahkan setiap pasiennya. Perihal tempat penanganannya Kecamatan Neglasari dan kalau laki-laki dewasa di GOR.

“Untuk balita kita rawat di aula Kecamatan Neglasari dan kalau laki-laki dewasa di GOR,” tutupnya.

Seperti diketahui, kebakaran TPA Rawa Kucing terbakar sejak Jumat, 20 Oktober, sekiranya siang hari. Namun, hingga kini api belum dapat dipadamkan.

Akibat kebakaran itu, asap dari api tersebut mengepul tebal hingga ke permukiman warga. Sehingga banyak warga yang mengalami gangguan pernapasan.