Ditunjuk Jadi Menko Marves Ad-Interim Gantikan Luhut Sementara, Erick Thohir: Amanah Ini Sangat Berat

JAKARTA- Menteri Badan Usaha MIlik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku bahwa amanah yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada dirinya sebagai Menko Marves Ad Interim sangat berat.

Namun, ia menuturkan akan menjalaninya dengan baik.

Seperti diketahui, Erick tunjuk oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan peran Menteri Koordinasi bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sementara selama Menko Luhut dalam masa penyembuhan.

“Saya tentu berterima kasih atas kepercayaan Bapak Presiden kepada saya, Amanah ini sangat berat tapi harus. Saya bisa lakukan sebaik-baiknya,” ujarnya melalui sosial media, dikutip Kamis, 12 Oktober.

Erick juga meyakini di Kementerian yang dipimpin oleh Luhut Binsat Pandjaitan punya tim sangat kuat.

Sehingga, sambung dia, selama dirinya mengambil alih posisi tersebut juga dapat terkoordinasi dengan baik.

“Saya yakini ditempat Pak Menko Marinves Pak Luhut punya tim yang sangat kuat. Tidak mungkin selama ini banyak kerjaan-kerjaan yang di dorong pak Menko berhasil,” ucapnya.

“Seperti misalnya kerja sama antara kami di BUMN dan Pak Menko ketika percepatan kereta api api cepat Whoosh, (kami) lebih ke korporasi membangun infrastruktur dan macam-macam, Pak Menko juga mendorong percepatan infrastruturnya juga karena ini kan lintas (kementerian),” sambungnya.

Menurut Erick, dengan adanya tim yang kuat dan bagus ini maka tugas-tugas yang diberikan tidak akan sulit dijalankan. Namun, ia mengaku akan kurang istirahat.

“Saya punya tim yang bagus di PSSI, punya tim yang bagus di BUMN, Pak Menko punya tim yang bagus, saya rasa bukan sebuah kesulitan. Tinggal kurang tidur,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Ad-Interim menggantikan sementara Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang menjalani perawatan kesehatan.

“Karena saat ini Pak LBP (Luhut Binsar Panjaitan) Menko Marves sedang menjalani perawatan kesehatan, maka Presiden Jokowi telah menunjuk Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai Menko Marves Ad-interim,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Joko Widodo, AAGN Ari Dwipayana dikutip ANTARA, Rabu, 11 Oktober.

Luhut Pandjaitan, melalui akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Selasa, 10 Oktober, menjelaskan dirinya disarankan oleh dokter untuk beristirahat selama beberapa hari.

Kondisi kesehatan Luhut tiba-tiba melemah setelah menghadiri suatu kegiatan.

“Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja,” kata Luhut.