BMW Optimis Neue Klasse akan Menguntungkan Seperti Mobil Listrik Saat Ini

JAKARTA - Baru-baru ini, BMW memperkenalkan konsep mobil yang menandai era terbaru elektrifikasi perusahaan, Vision Neue Klasse, dalam ajang IAA Mobility 2023 atau Munich Motor Show di Jerman.

Sebagai salah satu raksasa otomotif, BMW memiliki ambisi besar untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan teknologi kendaraan listrik. Dalam beberapa tahun ke depan, produsen otomotif asal Bavaria ini berencana untuk meluncurkan lebih banyak model elektrifikasi.

Dengan kehadiran Neue Klasse, BMW berharap dapat memetik keuntungan yang sebanding dengan mobil listrik saat ini. CEO BMW Group, Oliver Zipse, yakin bahwa Neue Klasse akan menjadi sangat menguntungkan, bahkan setara dengan mobil listrik yang sudah ada saat ini.

"(Neue Klasse) sangat menguntungkan. Saya yakin itu akan mencapai tingkat keuntungan yang sama dengan mobil listrik saat ini," tegas Zipse, dilaporkan oleh Reuters pada Sabtu, 2 September.

Zipse juga menegaskan bahwa BMW memiliki target margin keuntungan jangka panjang antara 8 persen hingga 10 persen dalam segmen otomotif. Bahkan, mereka yakin dapat mencapai hasil tersebut dalam beberapa kuartal mendatang.

BMW memiliki rencana ambisius untuk meluncurkan setidaknya enam model dalam waktu 24 bulan setelah Neue Klasse hadir, termasuk berbagai model mulai dari Sport Activity Vehicle (SAV) hingga sedan.

"Semua model ini memiliki satu kesamaan, yaitu mesin listrik murni sebagai sumber tenaganya," kata Zipse.

Pabrikan ini berencana untuk memulai produksi Vision Neue Klasse pada tahun 2025 di pabrik milik BMW di Debrecen, Hungaria, dan merilisnya ke pasar pada tahun 2026 mendatang.

Selain itu, BMW juga berinvestasi sebesar 500 juta euro untuk memperluas kapasitas produksi di pabrik San Luis Potosi, Meksiko. Pabrik ini diharapkan akan memproduksi Neue Klasse dan paket baterai pada tahun 2027.

BMW juga membanggakan teknologi EfficientDynamics yang diterapkan pada Neue Klasse, yang membawa peningkatan signifikan seperti perluasan jangkauan hingga 30 persen, pengisian daya yang 30 persen lebih cepat, dan efisiensi yang meningkat hingga 25 persen.

Desain konsep Vision Neue Klasse memiliki elemen yang mirip dengan i Vision Dee, termasuk bentuk kap mesin yang menyerupai "hidung hiu" dengan dua grill horizontal yang khas. Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu LED yang canggih yang membingkai sudut-sudutnya, dengan teknologi pencetakan 3D yang digunakan pada beberapa elemen pencahayaannya.