Liverpool Bakal Pecahkan Rekor Transfer Inggris, Beli Pemain Brighton Seharga Rp2,2 Triliun

JAKARTA – Raksasa Inggris Liverpool telah sepakat mendatangkan Moises Caicedo dan Brighton and Hove Albion. Biaya transfer sang pemain memecahkan rekor transfer termahal di Inggris.

Outlet media Inggris, BBC, melaporkan, The Reds akan mengeluarkan 111 juta poundsterling (Rp2,2 triliun) untuk mendapatkan gelandang internasional Ekuador tersebut.

"Saya diberitahu bahwa saya dapat mengonfirmasi kesepakatan dengan [Brighton] telah disepakati," ujar pelatih Liverpool dilansir BBC Sport.

Sebelum Liverpool menyanggupi biaya di atas, Brighton telah terlebih dahulu menolak serangkaian tawaran dari Chelsea.

Biaya yang disepakati untuk Caicedo melebihi 107 juta poundsterling yang dibayarkan Chelsea untuk gelandang Argentina Enzo Fernandez awal tahun ini.

Brighton sebenarnya sengaja menetapkan biaya lebih dari 100 juta poundsterling untuk Caicedo agar tidak ada tim yang mau merogoh kocek untuk bintang muda mereka.

Namun, Liverpool kemudian muncul mau mengeluarkan uang sebanyak itu untuk pemain 21 tahun tersebut. Caicedo kini siap untuk menjalani menjalani tes medis dan bergabung ke Anfield.

Liverpool, yang kehilangan gelandang Jordan Henderson dan Fabinho yang hijrah ke Liga Pro Arab Saudi bulan lalu, sebelumnya telah merekrut rekan setim Caicedo di Brighton, Alexis Mac Allister, pada bulan Juni lalu dengan nilai transfer 35 juta pound.

Caicedo bergabung dengan Brighton dari tim Ekuador Independiente del Valle seharga 4 juta poundsterling pada Februari 2021, dengan klausul penjualan 20 persen yang termasuk dalam kesepakatan.

Dia tidak melakukan debutnya di Liga Premier hingga April 2022 sehingga meminta untuk meninggalkan Brighton pada bursa transfer Januari awal tahun ini.

Arsenal kemudian menolak beberapa tawaran untuk Caicedo sebelum sang pemain menandatangani kontrak baru dengan The Seagulls hingga 2027 pada bulan Maret lalu.