5 Jenis Barang yang Bisa Dijadikan Investasi, Apa Saja?

YOGYAKARTA – Mewujudkan uang menjadi barang jadi salah satu cara investasi yang patut dicoba. Namun, tak semua barang bisa jadi investasi. Anda harus selektif memilih barang yang bisa dijadikan investasi. Lalu, apa saja barang yang dimaksud?

Barang yang Bisa Dijadikan Investasi

Seperti telah disinggung sebelumnya, masyarakat bisa menjadikan barang-barang tertentu jadi barang investasi. Saat memilih barang tersebut, yang harus diperhatikan adalah apakah barang yang dipilih memiliki penambahan nilai ekonomi atau tidak. Jika barang tidak memiliki penambahan nilai ekonomi maka barang tersebut tidak cocok dijadikan sebagai media investasi.

Sebaliknya, jika barang yang dipilih memiliki penambahan ekonomi maka barang tersebut dapat jadi alternatif pilihan investasi. Adapun beberapa jenis barang yang bisa jadi investasi adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki Nilai yang Jelas di Pasaran

Saat memilih barang untuk dijadikan investasi, perhatikan dulu apakah barang tersebut punya nilai jelas di pasaran. Nilai tersebut akan menentukan berapa besar harga yang bisa ditawarkan kepada pasar. Tidak semua barang berharga memiliki nilai jelas di pasaran.

  1. Barang Antik

Saat ini banyak kolektor benda antik yang menjadikan barang bersejarah menjadi investasi. Harga barang antik biasanya tinggi dan hanya koletktor atau kalangan tertentu saja yang mencari barang tersebut. Barang antik yang bisa dijadikan investasi seperti rumah tradisional joglo, mobil antik, kereta kuda, vas bunga antik, dan sebagainya.

  1. Barang Branded

Barang branded ternyata bisa jadi media investasi yang menguntungkan, apalagi jika barang yang dibeli diproduksi secara terbatas atau limited edition. Barang branded akan mengalami kenaikan harga barang tersebut banyak diminati oleh masyarakat sehingga penambahan nilai ekonomi secara otomatis terjadi. Barang branded yang bisa dijadikan investasi misalnya jam tangan Rolex, atau tas merek Gucci.

  1. Perhiasan

Sudah jadi hal umum masyarakat membeli perhiasan untuk jadi investasi. Perhiasan yang bisa jadi investasi biasanya terbuat dari emas, berlian, dan sebagainya. Nilai barang perhiasan akan terus naik sehingga berpotensi mendatangkan keuntungan saat dijual lagi.

  1. Barang Seni

Banyak kolektor atau penggemar seni menjadikan lukisan menjadi investasi. Pasalnya, barang semacam ini memiliki harga yang fantastis. Sebagai contoh, Anda membeli lukisan Effendi atau membeli lukisan Mona Lisa yang bisa dipastikan memiliki harga yang mahal.

Itulah informasi tentang barang yang bisa dijadikan investasi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.