Bungkam Italia, Uruguay Juara Piala Dunia U-20 2023

JAKARTA – Tim nasional Uruguay sukses keluar sebagai juara Piala Dunia U-20 2023 Argentina. La Celeste menjadi kampiun setelah berhasil mengalahkan tim nasional Italia.

Gelar juara didapat Uruguay melalui gol tunggal yang dicetak oleh Luciano Rodriguez pada menit-menit akhir dalam laga yang digelar di Estadio Unico Diego Armando Maradona, Senin, 12 Juni 2023 dini hari WIB.

Rodriguez mencetak gol kemenangan pada menit ke-86 melalui sundulan dari jarak dekat setelah Uruguay mendominasi sebagian besar jalannya pertandingan.

Uruguay benar-benar tampil solid dengan lini pertahanan mereka yang kokoh yang hanya kemasukan tiga gol di turnamen ini. Kebobolan tiga gol itu semuanya terjadi saat melawan Inggris di babak penyisihan grup.

La Celeste sebenarnya memiliki kesempatan untuk membuka keunggulan di awal pertandingan, melalui tendangan bebas yang dilakukan oleh Rodriguez, dua tendangan jarak jauh dari sang kapten Fabricio Diaz, dan sebuah sundulan dari Anderson Duarte.

Sementara itu, pemain Italia, Cesare Casadei, yang berstatus pencetak gol terbanyak turnamen dengan tujuh gol, tampil mengecewakan di final.

Ini adalah gelar pertama Piala Dunia U-20 bagi Celeste. Kemenangan tim asal Amerika Latin tersebut sekaligus mengakhiri empat gelar beruntun yang diraih tim-tim Eropa sebelum ini.

Uruguay kalah di final turnamen ini pada tahun 1997 dan 2013. Brasil adalah pemenang terakhir dari Amerika Selatan pada tahun 2011 silam.

Sebelum laga final ini, tim debutan Israel mengalahkan Korea Selatan 3-1 untuk mengamankan tempat ketiga di stadion yang sama di La Plata.

Indonesia pada awalnya dijadwalkan menjadi tuan rumah turnamen ini kelompok umur ini. Namun, penolakan terhadap timnas Israel membuat FIFA mencabut status tersebut dan memberikannya kepada Argentina satu bulan sebelum pertandingan dimulai.