Tim Gabungan Berhasil Padamkan Karhutla di Pelintung Dumai

PEKANBARU - Petugas gabungan berasal dari Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, TNI-AD, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) berhasil memadamkan api akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau.

"Di wilayah ini sempat dua kali terjadi karhutla, dan berdasarkan informasi terbaru petugas sudah berhasil memadamkan api di wilayah yang sempat dikunjungi oleh Gubernur Riau Syamsuar tersebut. Di Pelitung api sudah padam," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan, BPBD Riau, Jim Ghofur dilansir ANTARA, Senin, 15 Mei.

Ia mengatakan meski api sudah padam namun demikian petugas tetap diminta untuk melakukan patroli di wilayah tersebut. Sebab lokasi karhutla di Kelurahan Pelintung masih memiliki lahan gambut.

Ketika lahan gambut terbakar, katanya maka api hanya bagian atas atau permukaan gambut yang padam sedangkan bagian dalam tanah masih menjadi bara sehingga berpotensi api sewaktu waktu bisa muncul dan membesar kembali.

"Petugas tetap melakukan patroli dan mengintensifkan pengawasan supaya kalau ada muncul api lagi bisa segera dilakukan pemadaman," ujarnya.

Jim mengungkapkan selain di Pelintung, api juga telah membakar lahan di wilayah Batu Teritip Sungai Sembilan Dumai. Api di wilayah ini baru muncul dan diketahui oleh petugas saat melakukan patroli.

"Tadi hasil patroli petugas ada api yang baru muncul di wilayah Batu Teritip, Sungai Sembilan Dumai dan sekarang petugas sedang melakukan pengecekan ke lokasi," ujar Jim Ghofur.