Cuaca Buruk Membuat Ditpolairud Polda Kepri Jadi Lebih Ekstra Waspada

BATAM - Cuaca buruk melanda perairan Kepulauan Riau dalam beberapa hari terakhir. Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, Direktorat Kepolisian Air dan Udara Polda Kepulauan Riau menyiagakan beberapa kapal patroli.

Kapal patroli yang disiagakan itu nantinya akan berjaga di lokasi-lokasi yang banyak memiliki transportasi laut, yaitu pelabuhan rakyat, pelabuhan internasional, dan sekitaran nelayan mencari ikan.

"Kami sudah menyiagakan kapal-kapal patroli milik Ditpolairud untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan karena cuaca buruk beberapa hari ini,” ujar Direktur Polairud Polda Kepri Komisaris Besar Boy Herlambang, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 4 Maret.

"Gunanya agar apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas kami bisa segera membantu," lanutnya.

Dia menjelaskan adanya hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi membuat pihaknya lebih ekstra dalam menyiagakan kapal patroli dan petugas.

Kombes Boy juga meminta masyarakat segera melapor atau menghubungi petugas patroli apabila mengetahui adanya kecelakaan di laut.

"Kepada masyarakat yang melihat atau menjadi korban, segera lapor ke kami. Kami akan segera menuju ke lokasi yang disebutkan," kata Boy.

Dia juga mengimbau seluruh nelayan dan pengguna transportasi laut lainnya agar lebih berhati-hati saat berada di laut.

"Selalu pantau perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gunakan selalu jaket keselamatan dan segera menghubungi petugas jika mengalami kendala di laut," tuturnya.