Raindo United Services, Start-Up Cargo Airlines Digital Pertama di Indonesia

JAKARTA - Raindo United Services (RUS) akan menjadi pelopor maskapai kargo berbasis digital di Indonesia. Dengan menggunakan 2 Boeing 737-800BCF, Raindo United Services menandai era baru dalam industri logistik udara dengan solusi layanan kargo satu atap, yang menawarkan pelacakan waktu nyata dari mil pertama hingga mil terakhir. Fitur real-time tracking dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi Raindo yang akan tersedia baik di App Store maupun Play Store.

Didirikan pada 4 Juni 2022, PT Rusky Aero Indonesia merupakan perwujudan visi dan misi dari tokoh-tokoh yang berpengalaman di bidangnya yaitu Benny Rustanto, Muhammad Surya, Dodi Abdul Kadir, Bambang Sujatmiko, Capt Yudhi Fadjari, Febiantori dan Hans Nugroho menuju ekosistem logistik udara melalui kolaborasi dan kemitraan yang mengutamakan pengalaman, aspek keuangan dan membangun jaringan.

Melalui investasi awal hingga 100 juta dolar AS, Raindo United Services menawarkan pengalaman baru yang mudah, cepat, dan tepat bagi para pelaku bisnis Indonesia, sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan di berbagai industri tanah air, termasuk upaya perusahaan untuk mendukung perekonomian nasional pasca pandemi COVID-19.

Pendiri Raindo United Services, Benny Rustanto mengatakan, pendirian Raindo United Services dimulai dari harapannya untuk memberikan solusi terhadap tantangan distribusi logistik udara yang luas dan berlapis.

Proses panjang dari awal pengiriman hingga sampai ke tujuan ini tentunya sering menimbulkan kerugian materi maupun non materi bagi berbagai pihak, mulai dari produsen, khususnya konsumen.

"Oleh karena itu, kami sangat bangga menjadi bagian dari evolusi industri logistik melalui Raindo United Services, maskapai kargo berjadwal berbasis start-up di Indonesia dengan sistem logistik terintegrasi melalui keunggulan teknologi digital. Nilai-nilai perusahaan muncul dari adaptif, tangkas, kemitraan dan kolaborasi yang didukung oleh keunggulan sumber daya manusia dengan pengalaman terkemuka. Dengan menggunakan nilai-nilai perusahaan tersebut, diyakini akan menjadi fondasi yang kuat untuk lini bisnis kargo Raindo United Services baik untuk pasar Indonesia maupun Asia," ujar Benny, dalam keterangan tertulisnya, Kamis 2 Maret.

Raindo United Services telah memperoleh Sertifikat Standar Angkutan Udara Niaga Berjadwal Kargo Domestik dan Asing pada 13 Desember 2022, dan direncanakan melakukan penerbangan perdana pada Juli 2023 untuk rute domestik (Jakarta, Medan, Balikpapan, Makassar dan Surabaya) maupun internasional rute (Singapura, Hong Kong, dan Guangzhou). Ketersediaan Raindo United Services di kota-kota tersebut akan mendukung dan meningkatkan sektor logistik melalui konektivitas logistik udara digital antar pulau dan negara.

Raindo United Services juga bermitra dengan berbagai mitra strategis terkait untuk memastikan keseluruhan operasi dan administrasi, mulai dari perusahaan minyak milik negara Indonesia, empat besar konsultan keuangan dan valuasi, perusahaan lessor terbesar di dunia, hingga layanan ground handling ternama. provider di Indonesia serta perusahaan dan instansi pendukung lainnya.

Foto: Dok. Raindo United Sercvices

Raindo United Services menggandeng perusahaan lessor terkemuka untuk mendatangkan 2 pesawat Boeing Converted Freighter (BCF) 737-800 berkapasitas 23 ton. Pesawat dilengkapi dengan sistem kargo terbaru termasuk Unit Loading Device (ULD), tangki oksigen, dan lemari es untuk memastikan semua jenis komoditas: Perishable Product, General Cargo, Marine Product, Dangerous Goods dan Live Animals dikirimkan dengan selamat ke titik tujuan . Untuk memperkuat layanan dan memastikan proses pengiriman berjalan efektif dan efisien, Raindo United Services juga bekerja sama dengan mitra insurtech untuk melindungi semua jenis komoditas.

"Kehadiran Raindo United Services diharapkan dapat menjadi katalisator perubahan yang dapat mendukung perkembangan industri UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) di Indonesia, khususnya di sisi logistik melalui konektivitas yang lancar dan berkelanjutan. Kami menyadari bahwa sektor UMKM di Indonesia memiliki potensi yang lebih besar jika didukung oleh ekosistem logistik yang mensinkronkan arus lalu lintas, baik internasional maupun lokal dari titik keberangkatan hingga tujuan. Ekosistem Raindo United Services memungkinkan pelaku UMKM menjadi lebih kompetitif dengan mengatasi kendala yang ada seperti harga logistik yang tinggi, proses pengiriman yang tidak efisien, akses saluran distribusi yang terbatas dan lain-lain," jelas Benny.