Jet Tempur F-16 AS Cegat Sukhoi Su-30 dan Pengebom Strategis Tu-95SM Rusia di Dekat Alaska

JAKARTA - Beberapa Pengebom strategis dan jet tempur Rusia dicegat oleh pasukan pertahanan udara Amerika utara, saat mereka terbang di atas wilayah udara internasional dekat Alaska, kata Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD), dalam insiden rutin yang tidak terkait dengan ketegangan perang di Ukraina.

Pesawat, yang diidentifikasi pada hari Senin, tidak memasuki wilayah udara AS atau Kanada dan tidak menimbulkan ancaman, kata pusat gabungan AS-Kanada dalam sebuah pernyataan tertanggal 14 Februari.

Ia menambahkan, penerbangan Rusia sama sekali tidak terkait dengan serentetan benda misterius yang ditembak jatuh oleh militer AS di Amerika Utara dalam beberapa minggu terakhir, yang detailnya masih belum diketahui.

"NORAD telah mengantisipasi aktivitas Rusia ini. Dua pesawat tempur F-16 NORAD mencegat pesawat Rusia," katanya, melansir Reuters 16 Februari.

Amerika Serikat juga sering melakukan operasi pengawasan yang tidak memasuki wilayah udara negara lain dan penerbangan semacam itu merupakan bagian umum dari operasi militer.

"NORAD secara rutin memantau pergerakan pesawat asing dan jika perlu, mengawal mereka," tambah pernyataan itu.

Terpisah, Rusia mengatakan pada Hari Rabu, mereka telah melakukan beberapa penerbangan di atas perairan internasional dalam beberapa hari terakhir, termasuk di Laut Bering antara Alaska dan Rusia.

Dikatakan dua dari pengebom pembawa rudal strategis Tu-95MS telah terbang di atas Laut Bering disertai dengan jet Su-30, telah melakukan penerbangan "rutin" serupa di utara Norwegia dan di atas perairan internasional dekat timur jauh Rusia.

Tidak disebutkan apakah pesawatnya telah dicegat.

"Pilot penerbangan jarak jauh secara teratur melakukan penerbangan di atas perairan netral Arktik, Atlantik Utara, Laut Hitam, Laut Baltik dan Samudra Pasifik," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Pasukan keamanan Amerika Utara telah bersiaga tinggi sejak balon pengintai China yang diduga melintas ke wilayah udara AS, mendorong Amerika Serikat untuk menembaknya dan benda-benda lain ke bawah saat menyisir langit.

Sementara Rusia telah melakukan penerbangan di atas Laut Bering sebelumnya, membuat tetangganya di wilayah tersebut menjadi lebih khawatir tentang aktivitas militer Moskow sejak invasi ke Ukraina tahun lalu.

Sebelumnya, dua pesawat tempur F-35 Belanda mencegat formasi tiga pesawat militer Rusia di dekat Polandia dan mengawal mereka keluar, kata Kementerian Pertahanan Belanda dalam sebuah pernyataan Senin malam.

Diketahui, negara-negara anggota NATO juga telah meningkatkan latihan militer di Kutub Utara dalam beberapa tahun terakhir, karena Rusia telah memperluas dan memperbarui infrastruktur militernya di wilayah tersebut.