Cara dan Syarat Mengajukan Banding Pidana di Indonesia

YOGYAKARTA - Sekiranya Anda berharap mengajukan permohonan upaya peraturan, karenanya pastikan untuk tahu apa saja persyaratan mengajukan banding pidana. Sehingga nanti pelaksanaannya dapat berjalan lebih lancar dan diterima oleh pihak pengadilan. Sudahkah anda tahu cara dan syarat mengajukan banding pidana?

Setiap putusan atau vonis yang dijatuhkan hakim untuk suatu tindak pidana mungkin dianggap tak adil. Mau bagi terdakwa atau korban sekalipun yang mengalami tindak pidana itu pastinya.

Anda seharusnya tahu apa saja persyaratan mengajukan banding pidana dan perdata agar nantinya tak mengalami persoalan. Apabila Anda belum mengerti mengenai upaya aturan itu, karenanya pelajarilah lebih dahulu.

Cara dan Syarat Mengajukan Banding Pidana

Ilustrasi Hukum (Tingey Injury Law Firm - Unsplash)

Syaratnya

Pasti banyak yang bertanya bisakah mengajukan banding ketika sudah mendapatkan putusan hakim? Sekiranya memenuhi ketetapan dimana dilegalkan dalam undang-undang, karenanya Anda dapat mengajukan permohonan sekalipun telah menerima putusan dari hakim.

Tentunya hal itu juga seharusnya layak dengan persyaratan mengajukan banding pidana, yaitu belum masuk masa tenggang. Apabila telah lewat waktu yang telah ditetapkan oleh undang-undang, karenanya tak dapat membikin permohonan.

Jadi apabila Anda berkeinginan menjalankan upaya Hukum, tak boleh lewat masa yang telah diatur oleh undang-undang. Amat penting bagi tiap orang untuk mengenal hal ini agar progresnya bisa berjalan lancar.

Semacam itu pula mengenai pertanyaan bisakah permohonan banding dicabut. Banyak orang juga menanyakan hal ini sebab masih kebingungan mengenai permohonan upaya aturan, jawabannya juga tak berbeda dengan sebelumya.

Anda dapat mencabut permohonan upaya hukum yang dijalankan asalkan telah cocok dengan persyaratan mengajukan banding pidana. Dimana dalam hal ini Anda seharusnya mengamati masa tenggang waktunya tak boleh lebih.

Masa tenggang yang diatur oleh pihak pengadilan adalah7 hari sesudah keputusan diwujudkan hakim. Jadi Anda seharusnya mengerti ini, sebab apabila seluruh prosedur pengajuan tak dijalankan, karenanya tak akan berjalan.

Persyaratan mengajukan banding memang seharusnya dipenuhi untuk memperlancar pengerjaannya. Sebab hal itu juga adalah salah satu alur untuk mengajukan upaya hukum dan dapat diproses pengadilan tinggi.

Prosedur dan Syarat-Syarat Banding

Saat akan mengajukan permohonan untuk upaya Hukum ini, karenanya Anda mesti memahami sebagian poinnya lebih dahulu. Salah satunya adalah mengenai persyaratan dimana mesti dipenuhi dan tak boleh dilewatkan.

Untuk prosedur pengajuan banding pidana sendiri juga telah ditunjukkan secara terperinci di situs pengadilan di sebagian tempat. Anda dapat membacanya secara komplit telah dituliskan, tinggal mempelajarinya saja.

Mengenai persyaratan mengajukan banding pidana pertama yang wajib Anda penuhi adalah memiliki surat kuasa. Hal ini berlaku apabila permohonan berasal dari penasihat hukum terdakwa, karenanya wajib ada surat kuasanya.

Tentunya surat itu mesti ditandatangi oleh seluruh pihak berkaitan, termasuk terdakwa juga. Tak hanya itu, Anda juga diwajibkan untuk mengisi formulir seputar data dari pihak pemohonnya, ini harus dikerjakan.

Sebab pihak pengadilan tak akan tahu siapa yang mengajukan permohonan sekiranya tak ada data dari pihak pemohonnya sendiri. Tapi amati| juga rentang waktu banding pidana, jangan hingga terlewatkan.

Permohonan banding akan diberikan tenggang waktu 7 hari sesudah adanya putusan dari pengadilan negeri. Atau 7 hari sesudah putusan itu diberitahukan pada terdakwa seandainya tak datang ketika hakim membacakan keputusannya.

Untuk persyaratan lainnya yang Anda mesti tahu yakni mengenai {daya ingat|ingatan} banding serta soft copy-nya tak diberi tenggang waktu. Sebab juga belum ada regulasi hukum jelas mengenai hal tersebut.

Saat Anda akan mengerjakan upaya Hukum, karenanya amati sebagian poinnya lebih dahulu agar tak kebingungan. Salah satu hal yang mesti dilihat yaitu mengenai persyaratan mengajukan banding pidana.

Jadi setelah mengetahui cara dan syarat mengajukan banding pidana, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!