Inspiratif, 4 Tokoh Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan, Patut Dicontoh!

YOGYAKARTA – Indonesia memiliki banyak tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses secara ekonomi. Tidak hanya berhasil menguasai pasar nasional, beberapa di antara mereka bahkan bisa menembus pasar luar negeri.

Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses

Sayangnya industri kerajinan di Tanah Air pamornya masih kalah dengan bisnis fashion, properti, atau industri teknologi. Untuk menambah pengetahuan terkait bisnis kreatif di bidang craft, berikut kami sajikan daftar tokoh pengusaha kerajinan Tanah Air.

  1. Eni Aryani – Wastraloka

Eni Aryani adalah pengusaha kerajinan yang lahir di Yogyakarta pada 22 Desember 1979. Ia memasarkan produk kerajinan yang ia namai dengan Wastraloka. Produk yang ia jual awalnya berbahan dasar kaleng dan kayu bekas hingga menjadi barang estetis rumah tangga seperti siraman bunga, tempat kue, kaleng kerupuk, tenong, ceret angkringan, vas bunga, guci stempel, ember, pensil, dan barang-barang produk rumah tangga lainnya.

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Produk Wastraloka memiliki ciri khas sendiri yakni motif yang dilukis oleh timnya lalu dijual mulai harga Rp200 ribu hingga Rp1,2 juta per unitnya. Produk Wastraloka kini memiliki pelanggan di negara Asia dan Eropa seperti Thailand, Malaysia, India, Brunei, China, Swiss, Kroasia, Turki, Italia, hingga Bulgaria. Sedangkan omset yang dimiliki oleh Eni Aryani perbulan bisa mencapai ratusan juta per bulan.

  1. Made Sutamaya – Kioski Gellery

Nama Made Sutamaya memperpanjang daftar tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses di Tanah Air. Ia berhasil mengolah limbah kayu menjadi kerajinan yang memiliki nilai seni dan nilai ekonomi yang tinggi. Produk yang ada di galerinya seperti kaca, kursi, meja, hingga standing lamp.

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Pria asal Bali ini memanfaatkan tumpukan kayu bekas menjadi perabotan atau hiasan interior. Made Sutamaya tidak hanya berhasil menjual produknya di pasar Nasional seperti Bali, Sumbawa, Lombok, dan Jawa Timur, karyanya juga dilirik pasar mancanegara. Sedangkan omset yang dimilikinya bisa mencapai Rp300 juta per bulan.

  1. Diah Rahmalita – Lita Art

Tak mudah bagi Diah Rahmatila untuk memulai usaha kerajinan yang ia beri nama Lita Art. Wanita yang akrab disapa dengan panggilan Bunda Lita ini membangun usaha kerajinan decoupage, yakni seni kerajinan dengan menempelkan kertas tisu lalu melukisnya dengan cat lukis.

Produk Lita Art juga beragam mulai dari tas lukis, sepatu lukis, vas lukis, dan masih banyak lagi. Dalam bisnisnya, Diah hanya memiliki showroom dan workshop di Malang, Jawa Timur. Meski demikian produknya tak hanya jadi buruan di pasar dalam negeri, namun juga berhasil menembus pasar berbagai negara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, India, China, Hungaria, Kroasia, Turki, Swiss, bahkan Italia. Dalam satu bulan omset yang didapat sekitar Rp10 hingga Rp20 juta per bulan.

  1. Nur Handiyah - Multidimensi Shellcrafts

Nur Handiyah J Taguba adalah wanita yang kini tinggal dan memiliki ruang pameran di Desa Astapada, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang dinamai dengan Multidimensi Shellcrafts.

Pengusaha kerajinan kerang ini awalnya mengolah kulit kerang dari pesisir Cirebon pada tahun 2000. Ia kemudian menjadikan kulit kerang tersebut sebagai kerajinan seperti lampu hias, vas bunga, piring, kursi, meja, dan masih banyak lagi yang dipamerkan di ruang pamer Multidimensi Shellcrafts.

 

 

Produk Nur Handiyah tidak hanya jadi incaran pasar nasional namun juga memiliki pelanggan dari negara lain seperti Spanyol, Jerman, Perancis, Inggris, Afrika, Amerika, bahkan pasar Timur Tengah. Dari bisnisnya tersebut oa berhasil meraup 70.000 hingga 100.000 dollar AS dalam sebulan.

Itulah beberapa tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID.